Dispar catat 39.224 wisatawan berkunjung ke Gunungkidul

id Libur Lebaran ,Lebaran 2023,Dispar Gunungkidul ,Gunungkidul

Dispar catat 39.224 wisatawan berkunjung ke Gunungkidul

Objek wisata pantai di Gunungkidul. (ANTARA/Sutarmi)

Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat 39.224 wisatawan berwisata ke wilayah tersebut pada hari ini atau H2 Lebaran 2023.

Pelaksanaan tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono di Gunungkidul, Senin, mengatakan pada puncak kunjungan wisatawan yang diprediksi hari ini, jumlah wisatawan sekitar 30 ribuan orang.

"Hal ini sesuai prediksi bahwa kunjungan wisatawan yang masuk ke Gunungkidul sebanyak 39.224 orang. Dimungkinkan hari ini adalah puncak kunjungan wisatawan ke objek wisata di Gunungkidul," kata Harry Sukmono.

Ia mengatakan jumlah kunjungan pada H+4 atau H+5 Lebaran 2023, jumlah kunjungan wisatawan tetap masih tinggi dibandingkan hari ini.

"Kami prediksi kunjungan wisatawan pada Selasa (25/4), jumlah kunjungan wisatawan berkisar 20 ribuan wisatawan," katanya.

Namun demikian, Harry Sukmono berharap adanya keputusan terbaru yang dikeluarkan oleh Presiden RI Joko Widodo yang memperbolehkan ASN, TNI, Polri dan pegawai BUMN memperpanjang masa cuti dapat membawa angin segar di sektor pariwisata di Gunungkidul.

"Semoga bisa berdampak pada kunjungan dan bisa meningkatkan peredaran uang di Gunungkidul," katanya.

Dia mengatakan total kunjungan wisatawan dari Jumat (21/4) sampai hari ini (24/4) di Gunungkidul mencapai 74.725 orang.

Adapun rinciannya jumlah pengunjung pada Jumat (21/4) sebanyak 3.745 orang, Sabtu (22/4) merangkak naik menjadi 8.241 orang dan Minggu (23/4) sebanyak 22.515 orang. Kemudian hari ini sebanyak 39.224 orang.

"Semoga dengan perpanjangan masa cuti dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Gunungkidul," katanya.

Harry Sukmono mengatakan mayoritas wisatawan yang masuk ke Gunungkidul berkunjung ke pantai. Pantai di Gunungkidul panjangnya lebih dari 70 kilometer yang membentang dari timur sampai barat. Wisatawan banyak pilihan untuk menikmati suasana pantai yang sesuai dengan yang diinginkan.

"Mayoritas wisatawan ke liburan ke pantai, sekitar 90 persen," katanya.

Dia mengatakan pihaknya juga telah mengeluarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 188/03480, untuk pelaku wisata.

"Surat edaran tersebut dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman wisatawan yang berkunjung saat libur Hari Raya Idulftri 1444 H. Kami berharap pelaku jasa wisata mematuhi aturan tersebut," kata Harry.