Jangan lupa, usai Lebaran masyarakat kontrol gula darah

id Gula Darah,Diabetes,sehat setelah lebaran,kontrol gula darah,lebaran sehat

Jangan lupa, usai Lebaran masyarakat kontrol gula darah

Arsip foto - Petugas melakukan pemeriksaan kadar gula darah dan hemoglobin terhadap warga saat mengikuti bakti sosial di Kelurahan Panarung, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (10/9/2023). (ANTARA FOTO/Auliya Rahman/nz)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis penyakit dalam dari Advanced Diabetes Center Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Cipto Mangunkusumo dr. Farid Kurniawan, Sp.PD, Ph.D, mengimbau masyarakat untuk mengontrol gula darah usai Lebaran agar terhindar dari risiko diabetes.

"Tetap harus kendali glikemik (gula darah) supaya tetap sehat. Batasi makanan manis-manis dan berkalori tinggi,” kata Farid dalam webinar “Kendali Diabetes Pasca Puasa dan Lebaran” yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

Baik bagi orang yang sehat maupun yang menderita diabetes, Farid mengingatkan untuk mengatur asupan makanan setelah Lebaran, terutama yang berpotensi meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Orang sehat, kata Farid, tetap berisiko mengalami hipoglikemia atau hiperglikemia akibat makanan yang tinggi kadar gula.

“Asupan kalori lebih tinggi, asupan gula lebih tinggi, akhirnya gula darahnya juga jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya. Kalau keterusan nanti gula darah semakin tinggi,” ujarnya.



Kadar gula darah bisa dikendalikan dengan mengatur pola makan sehat dan makan sesuai jadwal. Pola makan sehat dapat diatur dengan menerapkan 3J, yaitu jadwal, jumlah dan jenis makanan, yang ditentukan berdasarkan umur, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas fisik harian.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kontrol gula darah penting dilakukan usai Lebaran
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024