Jadi Kabupaten Kreatif Indonesia, Bantul mantap menuju Kota Kreatif Dunia

id Bupati Bantul ,Kabupaten Kreatif ,Pengembangan ekonomi kreatif Bantul

Jadi Kabupaten Kreatif Indonesia, Bantul mantap menuju Kota Kreatif Dunia

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat menerima penghargaan Kabupaten Kreatif Indonesia sektor kriya dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di Semarang, Jawa Tengah. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta telah ditetapkan sebagai Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia pada sektor Kriya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Selasa, mengatakan, penghargaan Kabupaten/Kota Kreatif itu diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pada acara Semarak Jejaring Kota Kreatif Dunia di Semarang, Jawa Tengah beberapa hari lalu.

"Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh masyarakat pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Bantul, dan mudah-mudahan prestasi ini dapat meningkat lagi ke level internasional," katanya.

Dengan penghargaan Kabupaten Kreatif Indonesia ini semakin memantapkan Bantul menuju Jejaring Kota Kreatif Dunia atau UNESCO Creative City Network (UCCN) yang pada tahun ini sudah didaftarkan ke organisasi internasional tersebut.

"Mari terus kita dukung dan kembangkan ekonomi kreatif di Bantul, untuk menuju kancah internasional dan menjadi bagian dari Jejaring Kota Kreatif Dunia," katanya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, sebagai salah satu pilar perekonomian Bantul, pemerintah daerah terus berkomitmen mengembangkan potensi UMKM dan industri kreatif Bantul, dengan berupaya memasukkan Bantul ke dalam Jejaring Kota Kreatif Dunia.

Bupati mengatakan, dengan masuk ke dalam Jejaring Kota Kreatif Dunia, maka Kabupaten Bantul akan semakin populer, sejajar dengan kota-kota kreatif lain di dunia, yang akhirnya akan memperluas pasar dan promosi, serta produk industri kreatif Bantul juga lebih didengar publik internasional.

"Maka untuk menjadi bagian dari Jejaring Kota Kreatif Dunia, potensi potensi yang ada di Bantul perlu dikuatkan ekosistemnya mulai hulu sampai hilir. Sehingga ekosistem ekonomi kreatif di Bantul, salah satunya UMKM akan semakin efisien, efektif dan berdaya saing kuat di dunia internasional," katanya.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bantul ditetapkan sebagai Kabupaten Kreatif Indonesia sektor kriya