Napi ikuti sekolah budaya untuk tempa karya

id sekolah budaya rutan trenggalek, Rumah Tahanan Trenggalek,wargaa binaan rutan trenggalek

Napi ikuti sekolah budaya untuk tempa karya

Warga binaan mengerjakan soal ujian kelulusan sekolah budaya di Rutan Klas IIB Trenggalek. (ANTARA/HO-Rutan Trenggalek)

Trenggalek, Jawa Timur (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Trenggalek memiliki program sekolah budaya, suatu program pendidikan nonformal berbasis keterampilan dan kewirausahaan, untuk mempersiapkan warga binaan agar mampu berkarya di sektor usaha tepat guna setelah bebas dari pidana.

"Sekolah nonformal itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta pembekalan kepada para warga binaan sesuai dengan bakat dan minatnya," kata Kepala Rutan Kelas IIB Trenggalek I Kadek Dedy Wirawan Arintama di Trenggalek, Jawa Timur, Minggu.

Dia mengatakan beberapa materi yang diajarkan dalam program ini, antara lain kesenian, keterampilan, wawasan kebangsaan, etika, bahasa Jawa, dan bahasa Inggris.

Kelas budaya yang digelar di dalam lingkungan rumah tahanan ini diprogram layaknya kursus singkat dengan durasi tiga bulan.

Kendati bersifat nonformal dan menyerupai kursus ketrampilan, katanya, warga binaan yang menjadi peserta kelas budaya wajib mengikuti tes atau semacam ujian akhir sebagai syarat kelulusan.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024