Mahasiswa diajak bangun ekosistem digital UMKM

id jamkrindo,mahasiswa,ekosistem digital,pelaku umkm,bumn

Mahasiswa diajak bangun ekosistem digital UMKM

Logo Jamkrindo. ANTARA/ jamkrindo.com/pri.

Jakarta (ANTARA) - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) mengajak mahasiswa untuk terlibat aktif dalam membangun ekosistem digital bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“UMKM memiliki peran penting dalam struktur perekonomian Indonesia sebab UMKM merupakan tulang punggung perekonomian karena berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto dan penyerapan tenaga kerja. Kampus sebagai salah satu wadah akademisi dan mahasiswa memiliki peran strategis dalam berbagai aspek kemajuan bangsa, termasuk mewujudkan pembangunan talenta dan ekosistem digital,” ujar Direktur Jamkrindo Abdul Bari dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Bari mengatakan, kegiatan Fordigi Goes to Campus diinisiasi untuk mendorong mahasiswa mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas digital dalam menghadirkan berbagai pembaharuan bagi lingkungan sekitarnya serta mampu memahami aspek digitalisasi dan proses bisnis yang memanfaatkan kekayaan ekosistem bisnis digital.

“Program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ini merupakan program yang sangat positif mengingat aspek sumber daya manusia atau talenta digital merupakan pilar paling penting dalam proses pembangunan ekosistem digital. Dengan kegiatan ini diharapkan Mahasiswa semakin terpacu untuk melakukan pengembangan diri sesuai dengan kompetensi dan skill yang diperlukan untuk masa depan berbasis digital,” katanya.

Dalam rangka melakukan pengembangan digitalisasi UMKM, Jamkrindo konsisten melakukan pembinaan dalam pemanfaatan digitalisasi, seperti optimalisasi media sosial, branding, memperluas pemasaran dengan e-commerce, pencatatan laporan keuangan menggunakan aplikasi, peningkatan kualitas produk dan banyak program lainnya.

Seiring bertumbuhnya ekonomi digital dan implementasi industri 4.0, Jamkrindo juga telah menghadirkan berbagai transformasi dalam bisnisnya lewat teknologi informasi yang tepat guna.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jamkrindo ajak mahasiswa bangun ekosistem digital bagi pelaku UMKM