Festival Arsitektur Nusantara 2023 kenalkan kearifan lokal

id Pemkab Banyuwangi,festival arsitektur nusantara, Aga Khan Award Architecture,bupati banyuwangi,ipuk fiestiandani

Festival Arsitektur Nusantara 2023 kenalkan kearifan lokal

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menerima penghargaan Aga Khan Award For Architecture 2022, di Oman. ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi

Banyuwangi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan menggelar Festival Arsitektur Nusantara pada 22-24 Juni 2023 dan dijadwalkan dihadiri Direktur Aga Khan Award For Architecture Mr. Farrokh Derakhsani dari Jenewa, Swiss.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan bahwa Bandara Banyuwangi telah memenangi penghargaan arsitektur dunia Aga Khan Award For Architecture pada November 2022.

"Festival Arsitektur Nusantara tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan kunjungan Direktur Aga Khan Award For Architecture di Banyuwangi. Ini bentuk mereka menghargai kualitas pemenang Aga Khan Award Architecture dengan datang ke Banyuwangi. Jadi, sekalian kami rangkai dengan festival arsitektur," kata Bupati Ipuk di Banyuwangi, Jatim, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa Aga Khan Award For Architecture merupakan salah satu penghargaan prestisius di dunia arsitektur. Salah satu kategori penilaiannya adalah bagaimana karya arsitektur dapat memberikan sumbangan besar terhadap umat manusia.

Menurut Ipuk, Festival Arsitektur Nusantara di Banyuwangi digelar sejak 2019, dan festival arsitektur adalah komitmen Banyuwangi mendukung pengembangan kekayaan arsitektur lokal yang sangat beragam di Tanah Air.

Festival Arsitektur Nusantara berisikan pameran arsitektur, diskusi dan lokakarya, seminar internasional, hingga field trip.

Sejumlah arsitek kondang nasional yang telah terlibat mengembangkan Banyuwangi juga hadir. Seperti Andra Matin yang mendesain Bandara Banyuwangi, Yori Antar yang dikenal sebagai pendekar arsitektur nusantara dll.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala PU Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman (PU CKPP) Kabupaten Banyuwangi Suyanto Waspo Tondo Waspodo mengatakan bahwa festival akan dihelat di tiga lokasi, yakni Gedung Juang 45, Pendopo Sabha Swagatha Blambangan, dan Bandara Banyuwangi.

Pada 22 Juni hingga 6 Juli 2023, diawali dengan pameran arsitektur di Gedung Juang 45 dan pendopo kabupaten, field trip (22-23 Juni) ke lokasi-lokasi heritage seperti Pendopo Banyuwangi, Pantai Boom, Gedung Juang 45, Inggrisan, Kantor Pos, dan Taman Nasional Alas Purwo.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Direktur Aga Khan Award akan hadiri festival arsitektur di Banyuwangi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024