Ketua Komisi A DPRD DIY: Kepolisian harus dekat rakyat

id eko suwanto,PDIP

Ketua Komisi A DPRD DIY: Kepolisian harus dekat rakyat

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto (istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Kepolisian Republik Indonesia memasuki usia ke-77 di tahun 2023. Hadirnya kepolisian dalam kehidupan bernegara dan berbangsa memiliki peran strategis dalam menciptakan rasa aman rakyat Indonesia. 

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara kepada seluruh jajaran kepolisian RI. Ke depan, kepolisian harus terus dekat dengan rakyat dan menjadi garda terdepan pengamanan negara Republik Indonesia. 

"Selamat Hari Bhayangkara ke-77. Penciptaan rasa aman masyarakat perlu diwujudkan oleh semua dan kepolisian sebagai garda paling depan yang dekat kehidupan rakyat. Semoga kehadiran aparat kepolisian RI semakin profesional dalam menjaga kamtibmas juga berikan pelayanan publik kepada rakyat," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Sabtu, 1/7/2023.

Sesuai dengan sejarahnya, hari Bhayangkara yang diperingati tiap 1 Juli bagi korps kepolisian RI harus memperkuat profesionalisme lembaga dan peningkatan pelayanan kepada publik. 

Hari Bhayangkara sendiri diperingati bertepatan dengan tanggal Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D yang diterbitkan pada 1 Juli 1946 tentang aparat Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri/Presiden.

"Sebagai aparat penegak hukum, rakyat butuh pelayanan publik yang optimal dari kepolisian. Polisi punya peran strategis dalam upaya memberikan rasa aman, rasa keadilan dalam penegakan hukum, semoga ke depan seluruh personel dan jajaran bekerja lebih optimal utamanya penindakan kejahatan sesuai ketentuan undang-undang," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta. 

Menghadapi tahun politik, jelang pemilihan umum 2024 ada sejumlah agenda penting yang butuh rasa aman. Kepolisian RI harus bisa memainkan peran strategis di tahun politik, termasuk memastikan seluruh proses demokrasi berjalan baik. 

"Mari bersama kepolisian RI, kita wujudkan rasa aman dalam kehidupan keseharian juga dalam proses demokrasi, menghangatnya dinamika politik jelang 2024 jelas butuh respon cepat kepolisian," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan. (*)