Korsel-Pemprov Riau kembangkan "cyber" kampus

id Pemrov Riau,teknologi digital

Korsel-Pemprov Riau kembangkan "cyber" kampus

Pemprov Riau jajaki kerja sama dengan perwakilan Cyber University dari Korea Selatan untuk membangun cyber campus . ANTARA/HO-Humas Pemrov Riau

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menjajaki kerja sama bidang pengembangan Informasi dan Teknologi (IT) dengan perwakilan Cyber University dari Korea Selatan untuk membangun cyber kampus .

Dalam pertemuan itu, Gubernur Riau Syamsuar menerima Vice Rector for Research & Development Digital Advencement Osaka Japan and UICI Prof Dr Eng Jaswar Koto, seorang putra Riau yang bekerja di Jepang.

"Beliau Pak Prof Dr Eng Jaswar Koto dalam rapat tadi menawarkan kepada perwakilan Korea Selatan untuk bisa membangun University Artificial Intelligence (AI) di Provinsi Riau," kata Gubernur Syamsuar, di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Gubernur Syamsuar rencana pembangunan universitas itu menjadi yang pertama di Indonesia. Akan tetapi terkait regulasi, kerja sama ini membutuhkan persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia sehingga mengharuskan perwakilan Cyber University dari Korea Selatan membuat surat kerja sama untuk Pemprov Riau.

"Mereka nanti mengajukan surat permohonan kerja sama kepada kami, dan kami akan ajukan ke Menteri," katanya pula.

Saat pertemuan, Gubernur Syamsuar didampingi Vice Rector for Research & Development Digital Advencement Osaka Japan and UICI, Prof Dr.Eng Jaswar Koto, Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kamsol, dan Kadiskominfo Riau Erisman Yahya.

Pada zaman sekarang perkembangan IT sudah serba digital, khusus di pendidikan tinggi bahkan berlomba-lomba menjadikan kampus berbasis teknologi digital. 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Riau-Korsel menjajaki kerja sama pembangunan cyber kampus