Tujuh pemain Indonesia siap berlaga pada Pokmon World Championship 2023 di Jepang

id pokemon

Tujuh pemain Indonesia siap berlaga pada Pokmon World Championship 2023 di Jepang

Penyerahan hadiah kartu kemenangan kepada Top 4 Championship Indonesia 2022-23 (ANTARA/HO-Komunika)

Yogyakarta (ANTARA) - Tujuh pemain yang cerdas dan berbakat akan mewakili Indonesia dalam kompetisi Pokémon Trading Card Game (TCG) 2023 di ajang internasional bergengsi Pokémon World Championship 2023 di Yokohama, Jepang.

Pokémon Trading Card Game atau dikenal di kalangan trainer Indonesia sebagai Pokémon Game Kartu Koleksi adalah permainan kartu yang menggunakan dek kartu Pokémon dengan berbagai cara permainan yang menyenangkan.

Meskipun Pokémon TCG kerap diasosiasikan dengan permainan anak-anak, permainan kartu ini dipenuhi dengan aturan yang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga sangat dibutuhkan strategi untuk memainkan game ini.

Ternyata, penggemar Pokémon TCG di Indonesia juga sangatlah banyak, sehingga tahun 2019, set kartu berbahasa Indonesia pun dirilis untuk memudahkan para trainer Pokémon Indonesia untuk bermain serta berkompetisi.

Keberangkatan ketujuh perwakilan Indonesia ini akan bersaing untuk memperebutkan gelar Pokémon TCG World Champion pada 2023 Pokémon World Championship.

Para trainer Pokémon Indonesia ini terpilih setelah berkompetisi selama dua hari di Pokémon Championships, Mei 2023, serta setelah mengumpulkan CSP atau Championship Points terbanyak di turnamen-turnamen resmi dari tahun 2022 hingga 2023.

Beberapa yang terpilih dengan rangking CSP tertinggi berhak mendapatkan tiket untuk bertanding ke kejuaraan dunia Pokémon yang akan diadakan di Yokohama, Jepang, yang diselenggarakan oleh The Pokémon Company International pada Agustus 2023.

Tujuh pemain Indonesia yang siap mengharumkan nama bangsa adalah Dyatmika Paramaanindya (Adya), Rafli Attar Rico (Attar), Albert dan Reynard Barnett Chew, Jonas Xavier, Darwin Rasubala, dan Christian Liu. Para perwakilan Indonesia ini akan bersaing dengan ratusan trainer Pokémon TCG terbaik dari berbagai belahan dunia.

Keberangkatan ketujuh pemain Indonesia untuk bertanding di kejuaraan dunia Pokémon tahun ini menjadi sinyal baik bagi para trainer kartu Pokémon di Indonesia, baik yang mengoleksi maupun aktif bertanding, bahwa kegiatan positif jika ditekuni dengan baik dapat membawa membawa mereka mencetak prestasi.

Komunitas Pokémon Indonesia pun sangat mendukung dan optimistis dengan keberangkatan ketujuh anak bangsa dan yakin mereka akan mencetak prestasi gemilang di Yokohama, 11-13 Agustus 2023.

Ada berbagai hadiah yang dapat dimenangkan para trainer di 2023 Pokémon World Championship, serta mendapat undangan otomatis untuk bertanding di kejuaraan dunia Pokémon tahun berikutnya khusus bagi posisi empat besar kejuaraan dunia tahun ini.

Adya adalah pemenang Pokémon Championships 2022-23 Indonesia pada Mei lalu. Kemenangan Adya pun bisa diraih dengan dukungan teman-teman tim dan komunitas Pokémon TCG, karena Adya sempat vakum bermain dari 2021 sampai awal 2023, sehingga tidak memiliki banyak dek kartu yang sesuai dengan aturan regulasi kompetisi pada tahun ini.

Attar, merupakan salah satu dari trainer dengan CSP tertinggi di turnamen Master Division selama 2022-2023 Asia Championship Series. Attar juga merupakan juara di Indonesia Pokémon Championship tahun 2022 lalu. Ada juga Christian yang juga merupakan salah satu dari pemain dengan CSP tertinggi seperti Attar. Kemudian ada Jonas dan Darwin, pemain-pemain dengan CSP tertinggi di kategori Master Division selama 2022-2023.

Selain pemain dewasa, ada juga 2 pemain muda yang akan bertanding ke Pokémon World Championship Yokohama. Mereka adalah kakak beradik Albert dan Reynard yang berkompetisi di kategori Senior Division pada usia 15 dan 12 tahun. Meski Albert dan Reynard masih dalam tingkatan Senior Division, mereka sudah sering bertanding dengan lawan di tingkatan Master Division.