Wisudawan UIN Yogyakarta hijaukan kampus saat acara wisuda

id Wisudawan UIN ,Sumbang pohon,Hijaukan kampus

Wisudawan UIN Yogyakarta hijaukan kampus saat acara wisuda

Wisudawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyerahkan pohon untuk penghijauan lingkungan kampus itu. (Foto Humas UIN Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Para wisudawan dan wisudawati Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun akademik 2022/2023 masing-masing membawa satu pohon untuk disumbangkan ke perguruan tinggi tersebut guna menghijaukan lingkungan kampus.

Dalam keterangan tertulis Humas UIN Yogyakarta disela prosesi wisuda Rabu (9/8), gerakan menyumbang pohon satu orang satu pohon dalam wisuda kali ini sebagai rasa syukur dan kepedulian para wisudawan dan wisudawati untuk menghijaukan kampus.

Pohon pohon sumbangan para wisudawan dan wisudawati itu nantinya akan ditanam merata di seluruh lingkungan kampus untuk menambah asrinya kampus UIN Sunan Kalijaga.

Sementara itu Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Al Makin berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati nantinya untuk mencintai dan menikmati pekerjaan apapun yang digeluti di masyarakat.

"Be the master wherever you go. Then wherever you find yourself, things will be as they truly are. Kita harus menemukan kesenangan dan kegembiraan apapun yang kita lakukan. Bergembiralah dan nikmatilah. Itulah kesempatan dan itulah Amanah yang diembankan kita," katanya.

Rektor juga mengatakan, sebagai mahasiswa juga harus membantu orang tua, mencari kerja, buka usaha, mencari beasiswa, bergembiralah dalam bekerja. Dapatkan nikmat dan pahala sekaligus dalam bekerja.

Rektor juga mengatakan, setiap orang mempunyai takdir dan cara sendiri dalam meniti hidup dan karir, sehingga apa yang dilakukan sudah menjadi tugas yang dijalani. Menjadi Walikota muda, ada yang menjadi DPR muda, ada yang menjadi dosen muda, itu sudah jalan takdirnya.

"Jangan bandingkan takdir kita dengan yang lain, yang akan mengotori hati dengan kedengkian, sehingga menjadi sakit," katanya.

Dia juga mengatakan, pohon itu terus tumbuh, akan tumbuh subur jika dipupuk. Pohon diam, berhenti dan tenang. Pohon tidak pernah mengeluh. Pohon tidak pernah marah. Pohon tidak pernah tidak terima tempatnya. Dimanapun dia tumbuh pohon akan tumbuh.

"Maka tanamlah pohon. Peliharalah, agar kita juga bisa bertumbuh seperti pohon yang kita pelihara. Pohon tugasnya memberi daun dan memproduksi oksigen, memberi naungan teduh. Setelah itu berbunga dan berbuah. Itulah tugas kita, seperti pohon yang kita tanam," katanya.

Pada Tahun Akademik 2022/2023, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mewisuda sejumlah 891 orang Sarjana. Prosesi wisuda dilaksanakan dua kali, yakni pada 9 Agustus dengan mewisuda 450 orang, dan pada 10 Agustus mewisuda sebanyak 441 orang.