Ombudsman DIY mencanangkan gerakan Merdeka Dari Tumpukan Sampah pada HUT RI

id ORI DIY ,Gerakan memilah sampah ,Merdeka dari sampah,HIT 78 RI

Ombudsman DIY mencanangkan gerakan Merdeka Dari Tumpukan Sampah pada HUT RI

Gerakan memilah sampah dengan pengumpulan sampah plastik di "Rumah Biotik" di halaman Kantor Ombudsman RI Perwakilan Yogyakarta, Kamis (17/8/2023). (ANTARA/HO-Ombudsman RI Perwakilan Yogyakarta)

Sleman (ANTARA) - Bertepatan dengan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis, Ombudsman RI Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta mencanangkan gerakan "Merdeka Dari Tumpukan Sampah" dengan memilah sampah.

"Gerakan bertajuk 'Mari Merdeka Dari Tumpukan Sampah' ini diikuti insan Ombudsman RI Perwakilan DIY dan Sahabat Ombudsman RI di DIY," kata Ketua Ombudsman RI Perwakilan DIY Budhi Masthuri di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Budhi, pencanangan gerakan tersebut diawali dengan pembacaan ikrar bersama tentang komitmen pemilahan sampah dari rumah dan tempat kerja.

Selanjutnya, dilakukan pembuatan biopori secara simbolis, pembuangan sampah organik ke dalam biopori, serta pengumpulan sampah plastik di "Rumah Biotik" (Rumah Botol Plastik).

"Pencanangan gerakan ini diharapkan dapat mendorong kesadaran baru di lingkungan Ombudsman RI Perwakilan DIY, Sahabat Ombudsman RI, dan masyarakat pada umumnya untuk membangun budaya memilah dan mengelola sampah menjadi berkah," jelasnya.

Dia menjelaskan sampah-sampah tersebut akan ditukarkan menjadi dana kesejahteraan para tenaga pendukung di Ombudsman RI Perwakilan DIY, seperti office boy (OB) dan satpam, melalui aplikasi pengambilan sampah ekonomis.

"Semoga ini semua menjadi bagian dari kontribusi untuk 'Jogja Istimewa' agar terbebas dari tumpukan sampah," ujar Budhi.

Ikrar yang dibacakan pada kesempatan tersebut berbunyi, "Kami Insan Ombudsman RI Daerah Istimewa Yogyakarta dan Sahabat Ombudsman RI, dengan ini menyatakan merdeka dari tumpukan sampah".

Hal-hal mengenai pemilahan dan pengolahan sampah di kantor dan di rumah dilakukan dengan seksama dan dalam waktu setiap harinya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024