Marine Cruise Yogyakarta memberi pelatihan Inggris pada masyarakat

id Gunungkidul,Marine Cruise Yogyakarta

Marine Cruise Yogyakarta memberi pelatihan Inggris pada masyarakat

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menandatangani MoU dengan Marine Cruise Yogyakarta. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - PT Marine Cruise Yogyakarta melakukan perjanjian kerja sama bersama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk memberikan pelatihan bahasa Inggris bagi masyarakat supaya siap bersaing di dunia usaha, khususnya pelayanan. 

“Pertama pilot projek akan kita berikan bagi masyarakat di dua Padukuhan Kepil dan Bandung Kalurahan Bandung,” kata CEO Marine Cruise, Rahmat Prajoko di Gunungkidul, Senin, usai melalukan penandatangan nota kesepahaman PT Marine Cruise Yogyakarta-Pemkab Gunungkidul.

Rahmat mengatakan pendampingan yang dilakukan diantaranya bidang pendidikan dan pelatihan, pembentukan kawasan khusus berbahasa asing, pengembangan literasi berbahasa asing.

“Muara dari pendampingan, pemberdayaan adalah peningkatan perekonomian masyarakat,” katanya.

Bukan tanpa alasan, dipilihnya dua padukuhan tersebut karena berada di kawasan kampus Marine Cruise. Sehingga siswa dan masyarakat dapat belajar bersama, berkomunikasi  dengan bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari.

“Pelaku UMKM, masyarakat serta siswa ini nanti akan langsung berlatih. Mereka wajib menggunakan bahasa Inggris dalam setiap aktifitas,” katanya.

Rahmat menambahkan cluster bahasa ini diharapkan dapat mendukung pariwisata Gunungkidul, tempat studi banding sekolah, dan tempat berlatih bahasa asing bagi masyarakat yang akan terjun ke dunia kerja internasional.

“Tidak muluk muluk, akan kita coba dulu di sini , nanti jika berhasil akan kita kembangkan lebih luas,” kata Rahmat.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian perekonomian masyarakat di sekitar Marine Cruis. Utamanya pelatihan bahasa dan pendampingan UMKM.

“Bahasa asing khususnya Inggris sering menjadi kendala di tengah masyarakat. Ini peluang, PT Matine Cruise mau melakukan pendampingan kepada masyarakat gratis,” katanya.

Sunaryanta juga menyampaikan tidak menutup kemungkinan cluster bahasa Inggris di Kalurahan Bandung akan menjadi seperti di Kampung Pare di Jawa Timur. Sehingga banyak masyarakat yang datang belajar bahasa Inggris di Gunungkidul.

“Tentu saja bertahap. Kita (Pemkab Gunungkidul) akan membantu promosi, demi terciptanya SDM yang handal dan maju,” kata bupati.