Sabang Marine Festival 2024 dongkrak kunjungan wisatawan

id Aceh,Sabang,Sabang Marine Festival,SMF2024,Pemkot Sabang,Wisata Bahari,Pelestarian Lingkungan

Sabang Marine Festival 2024 dongkrak kunjungan wisatawan

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi saat jumpa pers Sabang Marine Festival 2024 di Kota Sabang, Aceh, Kamis (15/2/2024). (ANTARA/Aprizal).

Banda Aceh (ANTARA) - Kegiatan Sabang Marine Festival (SMF) yang bakal digelar pada 1-3 Maret 2024 di Kota Sabang, Provinsi Aceh mengusung konsep aktivitas bahari, kebudayaan, dan konservasi lingkungan.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, Kamis, mengatakan Sabang Marine Festival merupakan event yang digelar secara kolaborasi antar lembaga yakni Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Pemerintah Kota Sabang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).



"SMF 2024 menargetkan peningkatan transaksi ekonomi, pelibatan lebih banyak komunitas dan kelompok masyarakat lainnya untuk berpartisipasi," kata di Kota Sabang.

Ia menjelaskan, Sabang Marine Festival mulai diselenggarakan pada 2015. Sejak 2023, Sabang Marine Festival telah dinobatkan sebagai salah satu top event di 110 Event Terbaik Indonesia yang masuk ke dalam Kalender Event Nasional Kemenparekraf RI, Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Pada penyelenggaraan tahun lalu, Sabang Marine Festival berhasil mencatat peningkatan transaksi ekonomi pada industri kuliner, transportasi dan akomodasi serta produk dan jasa kreatif lainnya.

"Lebih dari 2.000 orang pelaku industri kreatif dan peserta kegiatan dari berbagai lapisan masyarakat terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ini," ujarnya.

Pada 2024, menurut dia, konsep kolaborasi dari Sabang Marine Festival difokuskan pada prinsip Community Based Tourism (CBT) dan melibatkan desa atau gampong-gampong wisata di daerah Pulau Weh itu.

"Mula dari perhelatan adat, perlombaan permainan rakyat, berbagai festival budaya dan juga kegiatan konservasi lingkungan berupa costal dan coral clean up di beberapa destinasi wisata di Kota Sabang," ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sabang Marine Festival 2024 usung konsep budaya bahari dan konservasi