Jaga stabilitas harga, Bulog Yogyakarta siapkan 39 ribu ton beras untuk OP

id Bulog Yogyakarta ,Stabilitas harga pasar ,Bulog ,Harga beras

Jaga stabilitas harga, Bulog Yogyakarta siapkan 39 ribu ton beras untuk OP

Perum BULOG Kanwil Yogyakarta melakukan operasi pasar beras di Yogyakarta dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp9.450 per kilogram untuk menjaga stabilitas harga di pasaran, Senin (28/8/2023). ANTARA/HO-Perum BULOG Yogyakarta

Yogyakarta (ANTARA) - Perum Bulog Kantor Wilayah Yogyakarta menyiapkan sebanyak 39 ribu ton beras untuk menjaga stabilitas harga beras di pasaran dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp9.450 per kilogram.

"Dalam upaya menjaga stabilitas harga beras di pasaran ini kami telah menyiapkan sebanyak 39 ribu ton beras untuk kegiatan operasi pasar," kata Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Yogyakarta Ali Ahmad Najih A di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, dengan stok yang mencapai 39 ribu ton di seluruh wilayah kerja Perum BULOG Yogyakarta serta ditambah dengan kegiatan pengadaan yang hingga saat ini masih terus dilakukan, pihaknya optimis dapat menyediakan beras sepanjang tahun dalam rangka mendukung stabiliasi harga.

"Upaya ini sejalan dengan kebijakan Bulog pusat terus melaksanakan Gerakan SIGAP SPHP atau Siap Jaga Harga Pasar dengan SPHP," katanya.

Ia mengayakan, realisasi penyaluran Bulog Yogyakarta hingga saat ini sebesar 17.913.732 kg yang dilakukan melalui jaringan Toko Pangan Kita (TPK), operasi pasar dan kerja sama pemerintah daerah dan dengan toko modern.

"Realisasi tersebut disalurkan melalui jaringan TPK sebanyak 497 titik kios yang tersebar di seluruh pasar tradisional di wilayah DIY serta Kedu dan Banyumas di Jawa Tengah," katanya.

Ali Ahmad mengatakan, penyaluran juga dilakukan melalui TPK Segoro Amarto yang merupakan kerja sama antara BULOG dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta dan Bank Indonesia, yang berlokasi di Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan, dan Pasar Prawirotaman Yogyakarta.

"Penyaluran SPHP juga dilakukan melalui jaringan retail modern, yaitu Indogrosir, Mirota Group, Gardena, serta Indomaret dan Alfamart dengan total mencapai 11 titik penyaluran," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024