Usai terbentuk KIM, elektabilitas Ganjar tak terpengaruh

id Saiful Mujani Research and Consulting,Saidiman Ahmad,Ganjar Pranowo,Koalisi Indonesia Maju,Pemilu 2024

Usai terbentuk KIM, elektabilitas Ganjar tak terpengaruh

Bakal capres PDIP Ganjar Pranowo (kiri) bersama Pemimpin tertinggi Forum Sufi Sedunia Habib Lutfi (kanan) pada pembukaan acara WSF 2023 di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023). ANTARA/HO-PDIP/aa.

Jakarta (ANTARA) - Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai nama baru Koalisi Indonesia Maju (KIM) tidak akan memengaruhi dukungan publik terhadap bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo.

Bahkan, dia mengatakan bahwa duplikasi nama koalisi Jokowi di Pilpres 2019 yang dilakukan parpol pendukung Prabowo justru akan menjadi bumerang bagi kubu Prabowo.

“Saya duga ini tidak akan terlalu punya pengaruh pada dukungan publik untuk Ganjar Pranowo. Bahkan duplikasi nama koalisi partai-partai pendukung Jokowi 2019 ini bisa menjadi bumerang untuk kubu Prabowo,” kata Saidiman di Jakarta, Rabu.

Karena itu, ia menduga alih-alih nama koalisi akan semakin mendekatkan diri pada Jokowi, namun malah justru bisa menunjukkan miskinnya kreativitas pendukung Prabowo.

Tidak heran, menurut dia, jika ada kesan bahwa Prabowo sebagai pemimpin yang tegas dan independen akan luruh dengan tindakan duplikasi nama Indonesia Maju yang digunakan untuk penamaan koalisi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat: Elektabilitas Ganjar tidak terganggu pascaterbentuk KIM
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024