Kebakaran hutan di lereng Gunung Ijen capai 20 hektare

id BPBD BOdowoso,Lereng gunung ijen,kebbakaran hutan dan lahan,hutan terbakar,karhutla

Kebakaran hutan di lereng Gunung Ijen capai 20 hektare

Petugas BPBD Bondowoso, Jatim, memadamkan ilalang dan semak belukar yang terbakar di lereng Gunung Ijen. Rabu (13/9/2023). ANTARA/HO-BPBD Bondowoso

Bondowoso (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, mencatat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan lereng Gunung Ijen mencapai sekitar 20 hektare.

Kebakaran hutan dan lahan itu terjadi pada pada Selasa (12/9) hingga Rabu (13/9) di Petak 102 B dan 103 A wilayah Perhutani Pos 2, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

"Iya benar telah terjadi kebakaran menjalar ke utara, dan yang terbakar ada sekitar 20 hektare," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Bondowoso Yuliono saat dihubungi dari Bayuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa vegetasi tumbuhan yang terbakar adalah jenis ilalang kering dan semak belukar. Api mulai padam pada Rabu sekitar pukul 5.00 WIB.

Namun penyebab kebakaran hutan dan lahan di lereng Gunung Ijen itu, kata dia, pihak BPBD Bondowoso masih belum mengetahui secara pasti.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD Bondowoso catat Karhutla capai 20 hektare di lereng Gunung Ijen
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024