Program Kartu Prakerja-Microsoft latih talenta muda di bidang AI

id Prakerja,Microsoft,Kemenko Perekonomian

Program Kartu Prakerja-Microsoft latih talenta muda di bidang AI

Dari kiri ke kanan: Nuryani Yunus, SE., ME. - Asisten Deputi Harmonisasi Ekosistem Ketenagakerjaan selaku Plh. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM, Denni Puspa Purbasari - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Dharma Simorangkir – Presiden Direktur Microsoft Indonesia, serta Supahrat Juramongkol, Jakarta, Kamis (14/9/2023) (ANTARA/HO-Prakerja)

Jakarta (ANTARA) - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja bekerja sama dengan Microsoft Indonesia guna melatih 100 ribu individu dalam bidang kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyampaikan, pihaknya dan Microsoft memberdayakan talenta Indonesia melalui program yang dinamakan ‘Talenta AI Indonesia’ untuk ikut serta menavigasi lanskap digital yang berkembang pesat di era transformasi digital saat ini.

"Dalam dunia di mana AI maju dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, mudah bagi kita untuk merasa kewalahan atau bahkan terancam. Namun, di Program Kartu Prakerja, kami melihat AI bukan sebagai tantangan, melainkan sebagai lautan peluang yang luas,” kata Denni melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, pemanfaatan AI dapat menunjang perekonomian masyarakat, seperti meningkatkan hasil pertanian, merampingkan rantai pasok pasar lokal, meningkatkan platform e-commerce yang disesuaikan untuk kerajinan lokal, hingga pengembangan sistem manajemen lalu lintas untuk kota-kota yang ramai.

Dari 100 ribu peserta, sebanyak 1.000 di antaranya akan menerima pelatihan yang dipandu oleh ahli industri & praktisi berpengalaman, dan memperoleh beasiswa sertifikasi Microsoft. Selanjutnya, 200 peserta akan berpartisipasi dalam bootcamp, tantangan inovasi, dan fasilitas job connect seperti bursa kerja guna meningkatkan peluang berjejaring dengan rekan kerja dan profesional di bidangnya.

Lulusan program Talenta AI Indonesia yang berhasil memperoleh sertifikasi Microsoft akan mendapatkan akses eksklusif ke SATU Talenta, komunitas LinkedIn yang mempertemukan individu bersertifikasi Microsoft dengan hiring partner.

"AI secara unik memang mengubah masa depan dunia kerja, sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa tenaga kerja Indonesia dapat sukses beradaptasi. Berdasarkan Work Trend Index Microsoft 2023, sebanyak 61 persen karyawan Indonesia yang disurvei mengatakan mereka saat ini tidak memiliki keterampilan dan kemampuan yang sesuai untuk menyelesaikan pekerjaan mereka," jelas Denni.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir menekankan, menurut studi dari Access Partnership, penggunaan generative AI. 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Program Kartu Prakerja gandeng Microsoft jalankan pelatihan bidang AI