Anak harus dilindungi di ranah online, ini penting

id Nahar ,ASEAN Regional Dialogue on Child Online Protection 2023 ,perlindungan anak di ranah online,teknologi digital

Anak harus dilindungi di ranah online, ini penting

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar saat menghadiri acara ASEAN Regional Dialogue on Child Online Protection 2023, di Jakarta, Rabu (27/9/2023). (ANTARA/ HO-Kemen PPPA)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI menyatakan pentingnya memitigasi berbagai risiko dengan memperbanyak penelitian dan analisis berbasis anak yang berfokus pada perkembangan digital serta penguatan sistem perlindungan anak di segala situasi.

"Pihak berwenang, pemerintah, orang tua, pengasuh, guru, dan masyarakat memainkan peran penting dalam memastikan keselamatan dan perlindungan anak saat berada di ranah daring," kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar dalam acara ASEAN Regional Dialogue on Child Online Protection 2023, di Jakarta, Rabu.

Nahar juga menegaskan pentingnya program perlindungan atau pengamanan online anak, mulai dari penguatan peraturan hingga kolaborasi internasional, khususnya dalam penegakan hukumnya.

"Kita perlu memperkuat jaringan masyarakat, mendorong peningkatan kapasitas dan kemitraan multi-sektoral dalam melakukan adaptasi dan inovasi teknologi untuk memerangi kekerasan dan eksploitasi anak di ranah daring," kata Nahar.

Dikatakannya, anak-anak menyukai internet sebagai tempat yang menyenangkan untuk bersosialisasi, mempelajari pengetahuan dan keterampilan baru, serta untuk melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KemenPPPA tekankan pentingnya perlindungan anak di ranah online
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024