Kapolda minta orang tua beri perhatian pada anak cegah kejahatan jalanan

id Kapolda DIY ,Jumat Curhat ,Cegah kejahatan jalanan ,Anak dapat perhatian lebih

Kapolda minta orang tua beri perhatian pada anak cegah kejahatan jalanan

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan saat kegiatan Jumat Curhat Polda DIY di Jogja Expo Center Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (6/10/2023). (Foto ANTARA/HO/Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Daerah Istimewa Yogyakarta Irjen Polisi Suwondo Nainggolan mengajak orang tua untuk memberikan perhatian lebih kepada anak yang menginjak usia remaja, guna mencegah terjadinya kasus kejahatan jalanan yang sempat marak di provinsi ini.

"Saya harap agar orang tua lebih berperan aktif untuk menjaga anak anaknya di rumah, dan senantiasa memberikan perhatian lebih," kata Kapolda DIY pada kegiatan Jumat Curhat di Jogja Expo Center (JEC) Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, orang tua, terutama ibu-ibu harus selalu berkomunikasi dengan anak, dan melakukan pengawasan, karena apabila kurang pengawasan, kebanyakan para remaja mencari perhatian di luar.

Dengan cara mereka melakukan kejahatan jalanan, karena sebagai bentuk pembuktian diri sendiri yang mana, ingin pengakuan dari teman sebayanya dan terkenal di kalangan teman-temannya. Untuk itu, orang tua juga harus bisa memberikan pengertian terkait pergaulan.

"Keberadaan anak-anak di luar rumah harus dibatasi, maksimal sampai dengan pukul 22.00 WIB. Apabila anak belum kembali ke rumah hingga larut malam, maka ibu harus menghubungi anaknya," katanya.

Lebih lanjut, Kapolda DIY mengatakan, saat ini kejahatan yang dilakukan oleh anak mulai menunjukkan eksistensinya. Mereka mulai mencari celah diantara penggelaran personel polisi di lapangan. Untuk mengantisipasi hal itu, Kapolda membuat program "ibu memanggil".

"Kami mengenalkan program "ibu memanggil", maksudnya ibu harus menghubungi anaknya sebanyak 10 kali. Apabila tidak terhubung dan tidak ada balasan silahkan berkoordinasi dengan Polri/TNI, melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk menyelesaikan setiap ada permasalahan anak pada malam hari," katanya.

Kapolda DIY berharap, dengan adanya program tersebut, peran dari para ibu agar lebih aktif untuk memberikan perhatian kepada anak-anaknya.

"Saat ini kami telah menyebar personel di titik-titik wilayah Yogyakarta, salah satunya untuk mempersempit ruang gerak mereka," kata Kapolda DIY.