Jasa Marga mencegah dampak meluas jebolnya Selokan Mataram

id selokan mataram

Jasa Marga mencegah dampak meluas jebolnya Selokan Mataram

Dokumentasi- Aliran Selokan Mataram di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto.

Yogyakarta (ANTARA) - PT Jasamarga Joga Bawen (JJB) melakukan penanganan cepat untuk mencegah meluasnya dampak jebolnya lantai dan dinding Selokan Mataram yang berlokasi di Pekerjaan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 Ruas Yogyakarta-SS Banyurejo pada Minggu (22/10).

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen A.J. Dwi Winarsa melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Selasa, mengatakan pihaknya telah melakukan pengecoran dinding serta berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menangani dampak sosial yang terjadi.

"Kami juga telah melakukan beberapa langkah penanggulangan secara cepat, di antaranya yaitu 'dewatering' dan sodetan air, penanganan kerusakan, serta penanganan dampak sosial," kata dia.

Dia mengatakan PT JJB melalui koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO) mengindikasi terdapat retakan di dasar saluran yang tidak terdeteksi yang menyebabkan kebocoran tanggul saluran.

Menurut Dwi Winarsa, kejadian tersebut berdampak pada aliran air yang membanjiri lahan, kolam peternakan ikan hingga masuk ke salah satu rumah warga.

Kondisi tersebut, menurut dia, telah ditindaklanjuti dengan perbaikan konstruksi proyek jalan tol di daerah tersebut dan area terdampak.

"Pemasangan pagar proyek juga telah dilakukan untuk mengamankan area terdampak serta dilengkapi dengan penerangan serta aksesnya," kata dia.

PT JJB memastikan perencanaan teknik dan pelaksanaan konstruksi telah dilakukan sesuai standar yang ditetapkan dan akan mengantisipasi dampak yang ditimbulkan oleh konstruksi dengan memberikan respon cepat dan melakukan langkah penanggulangan.

Dwi juga memastikan bahwa PT JJB berkomitmen mencapai target yang sudah ditetapkan dengan seoptimal mungkin dengan tetap mengendalikan aktivitas konstruksi jalan tol secara bertahap.