Ribuan KPM di Playen Gunungkidul terima bantuan cadangan pangan

id cadangan pangan,Gunungkidul,Kapanewon,Playen,KPM,Keluarga Penerima Manfaat,El Nino,Pangan,Cadanga PanganMiskin,Kemarau,D

Ribuan KPM di Playen Gunungkidul terima bantuan cadangan pangan

Bupati Gunungkidul Sunaryanta saat menyerahkan bantuan cadangan pangan pemerintah kepada warga kurang mampu di wilayahnya. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul).

Gunugkidul (ANTARA) - Sebanyak 8.131 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kapanewon/Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta menerima bantuan cadangan pangan berupa beras dari pemerintah untuk tahap III bulan November 2023 yang diharapkan dapat mencukupi kebutuhan pangan keluarga.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul Rabu mengatakan, penyaluran bantuan tersebut berasal dari pemerintah pusat sebagai upaya membantu masyarakat kurang mampu di seluruh Kabupaten Gunungkidul.

"Kami mewakili Pemerintah Pusat untuk menyalurkan bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan jangan untuk menyumbang," kata Sunaryanta.

Ia menjelaskan, Kapanewon Playen sendiri mendapatkan alokasi bantuan sebanyak 8.131 Keluarga Penerima Manfaat.

Dengan rincian Kalurahan Logandeng 750 KPM, Kalurahan Bandung 404 KPM, Kalurahan Gading 567 KPM, Kalurahan Ngleri 333 KPM, Kalurahan Getas 957 KPM, Kalurahan Banyusoco 1.004 KPM, Kalurahan Bleberan 883 KPM, Kalurahan Dengok 389 KPM, Kalurahan Ngunut 317 KPM, Kalurahan Ngawu 463 KPM, Kalurahan Playen 521 KPM, dan Kalurahan Plembutan sebanyak 730 KPM.

"Penerima bantuan tersebar di 13 kalurahan di Kapanewon Playen," katanya.

Sunaryanta mengatakan, bantuan cadangan pangan ini bisa membantu KPM di Gunungkidul yang terkendala dampak El Nino yang menyebabkan produksi pertaniaannya tidak maksimal.

"Semoga bermanfaat bagi masyarakat untuk mencukupi kebutuhan pangan setiap harinya," katanya.

Satu warga Playen penerima bantuan, Witorejo mengaku senang dan merasa terbantu dengan bantuan yang diberikan.

"Senang, bisa untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari," katanya.

Selain itu, pemberian bantuan kali ini juga mengalami sedikit perubahan dengan bertambahnya jumlah penerima secara merata di setiap kalurahan di Kapanewon Playen.

Jumlah tersebut bertambah sebanyak 131 KPM dari yang semula 8.000 penerima menjadi 8.131 penerima.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 8.131 KPM di Playen Gunungkidul terima bantuan cadangan pangan