Paduan keindahan-konservasi alam via Pemuteran Bay Festival 2023

id Menparekraf,Pemuteran Bay Festival,Gerokgak Buleleng,Buleleng bali,Umkm,Kharisma nusantara,Festival

Paduan keindahan-konservasi alam via Pemuteran Bay Festival 2023

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (tengah) menghadiri pembukaan Pemuteran Bay Festival 2023 di kawasan Gerokgak, Buleleng, Bali, Kamis (16/11/2023). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

Buleleng, Bali (ANTARA) - Penyelenggaraan Pemuteran Bay Festival yang pada tahun 2023 mengangkat tema Bhakti Baruna memadukan keindahan alam khususnya laut di kawasan Bali Utara itu dengan upaya-upaya konservasi lingkungan.

"Pemuteran Bay Festival 2023 ini bukan hanya festival, melainkan pengalaman tak terlupakan yang memadukan keindahan alam, kearifan lokal, dan semangat konservasi," ujar Ketua Komite Pemuteran Bay Festival Agung Bagus Mantra di Desa Pemuteran, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Kamis (16/11).

Selama tiga hari pelaksanaannya, festival tersebut menampilkan berbagai garapan seni budaya dan potensi UMKM yang dijalankan oleh masyarakat setempat sebagai wujud keterlibatan dan pemberdayaan masyarakat dalam pertumbuhan destinasi wisata yang berkelanjutan.

Agung Bagus Mantra menjelaskan Desa Pemuteran juga telah meraih sejumlah penghargaan dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan lingkungan yang saat ini terus diperkuat melalui Pemuteran Bay Festival.

"Desa ini tidak hanya sekadar destinasi pariwisata namun menjadi cermin komitmen masyarakatnya untuk menjaga keberlanjutan dan menjadi destinasi wisata alternatif yang didasarkan pada pemberdayaan masyarakat dan konservasi lingkungan," kata dia.

Ia menambahkan sejumlah program lain yang dilaksanakan pada festival itu adalah program yoga bersama dengan latar belakang alam Pemuteran, kegiatan konservasi dengan membersihkan, memperbaiki, dan menanam kembali bibit karang serta diskusi terkait dengan Biorock dan identifikasi koral.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemuteran Bay Festival 2023 padukan keindahan dan konservasi alam
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024