Menparekraf meminta waspadai Mpox di Bandara Ngurah Rai

id Penyakit Mpox, virus Mpox,Cacar monyet, forum Indonesia Afrika

Menparekraf meminta waspadai Mpox di Bandara Ngurah Rai

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno diwawancarai awak media di sela Konferensi Internasional Kualitas Pariwisata (IQTC) ke-1 di Sanur, Denpasar, Jumat (30/8/2024) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Denpasar (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta peningkatan kewaspadaan penularan penyakit Mpox di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali yang kembali mewabah di sejumlah negara.
 

“Atas arahan ratas (rapat terbatas) presiden dan Minggu besok akan dilakukan Forum Indonesia-Afrika maka kewaspadaan ditingkatkan,” kata Sandiaga Uno di sela Konferensi Internasional Kualitas Pariwisata (IQTC) ke-1 di Sanur, Denpasar, Jumat.

Ada pun peningkatan kewaspadaan tersebut, imbuh dia, di antaranya dengan mewajibkan kembali pengisian deklarasi kesehatan secara elektronik atau e-HAC.

Ada pun e-HAC sebelumnya pernah diterapkan kepada pelaku perjalanan saat dunia terdampak pandemi COVID-19.

Ia menambahkan ada tiga titik yang menjadi perhatian utama karena menjadi pintu masuk besar untuk pergerakan penumpang internasional yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, kemudian Kepulauan Riau dan Jakarta.

“Juga pengawasan melalui thermal scanner dan melalui pemeriksaan secara observasi fisik,” katanya.

Meski melakukan peningkatan kewaspadaan, namun ia menjelaskan hingga saat ini Mpox tersebut belum memberi dampak penurunan penumpang pesawat udara.

Ia mengharapkan merebaknya kembali penyakit yang sebelumnya dikenal cacar monyet itu tidak memberi pengaruh buruk kepada target kunjungan wisatawan asing mencapai 14 juta kunjungan.

“Per hari ini belum ada data-data ada penurunan (penumpang) tapi kami akan pantau dengan penuh kehati-hatian,” ucapnya.

Di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sudah terpasang tiga unit pemindai suhu tubuh (thermal scanner) untuk mendeteksi kesehatan seluruh penumpang internasional tanpa terkecuali.

Sementara itu, Indonesia menjadi tuan rumah agenda internasional salah satunya dilaksanakan di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali yakni Forum Indonesia-Afrika pada 1-3 September 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf minta tingkatkan kewaspadaan Mpox di Bandara Ngurah Rai
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024