Menteri Sandiaga jamin "Hosting fee" MotoGP Mandalika 2024 sesuai mekanisme

id MotoGP,Menparekraf,Sandiaga Uno,hosting fee

Menteri Sandiaga jamin "Hosting fee" MotoGP Mandalika 2024 sesuai mekanisme

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ditemui di Gedung Gelanggang Inovasi dan Kreativitas Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Kamis (26/9/2024) (ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjamin pembayaran biaya penyelenggara atau hosting fee balap motor Grand Prix alias MotoGP Mandalika 2024 dirampungkan sesuai mekanisme yang ada.

"'Hosting fee sudah selesai. Kita akan sesuai mekanisme hosting fee," ujar Menteri Sandiaga saat ditemui di Gedung Gelanggang Inovasi dan Kreativitas Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Kamis.

Sandiaga menjelaskan sesuai mekanisme yang ada, hosting fee penyelenggaraan MotoGP Seri Indonesia dengan besaran total Rp231 miliar dibayarkan selama dua tahap.

Menurut dia, untuk tahap pertama dibayarkan beberapa saat sebelum ajang MotoGP Mandalika berlangsung dan berikutnya dibayarkan setelah kejuaraan internasional itu selesai.

"Metode pembayarannya adalah dua kali dalam periode beberapa saat sebelum MotoGP dan mungkin satu bulan setelah MotoGP," tutur Menparekraf.

Sebelumnya, pada Rabu (18/9) pekan lalu, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) menyatakan pembayaran hosting fee kepada Dorna sport sedang dalam proses dan dipastikan ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, 27-29 September 2024 tetap digelar.

"Pembayaran hosting fee MotoGP cukup banyak yang mendukung. Artinya perlombaan dipastikan tetap berlangsung," kata Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka.

Ia mengatakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI memberikan perhatian khusus terkait dengan hosting fee MotoGP Indonesia 2024.

Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI direncanakan kembali memberikan dukungan untuk ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah Lombok Tengah yang telah memiliki wacana untuk mendukung pembayaran hosting fee ajang MotoGP Indonesia tersebut, meskipun secara resmi belum disampaikan.

Selain itu, untuk persiapan ajang MotoGP Indonesia 2024 telah mencapai 95 persen dan dipastikan bisa berjalan dengan baik, karena ajang ini tidak dilaksanakan tahun ini saja, tapi telah dilaksanakan sebelumnya.

Pada 27-29 September 2024, Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP untuk ketiga kalinya. Seri kejuaraan balap sepeda motor itu berlokasi pada Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

MotoGP Mandalika 2024 dirancang menjadi pergelaran yang inklusif, tidak hanya untuk para penggemar otomotif, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri Sandiaga: "Hosting fee" MotoGP Mandalika 2024 sesuai mekanisme