Kemhan bangun SMA Taruna Nusantara di enam lokasi

id Wamenhan M Herindra,Kemhan RI,SMA Taruna Nusantara Malang,SMA Taruna Nusantara Terintegrasi,sma taruna nusantara

Kemhan bangun SMA Taruna Nusantara di enam lokasi

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI Letjen TNI (Purn.) M. Herindra (dua kanan) menjawab pertanyaan wartawan selepas acara peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan SMA Taruna Nusantara Terintegrasi di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (23/11/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI menggelontorkan total Rp1,4 triliun untuk membangun dan operasional SMA Taruna Nusantara Terintegrasi di enam lokasi, yaitu Cimahi, Malang, Maros, Tanah Datar, Ibu Kota Nusantara (IKN), dan di Nusa Tenggara Timur.

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI Letjen TNI (Purn.) M. Herindra menjelaskan pengembangan SMA Taruna Nusantara di enam lokasi itu merupakan salah satu investasi Pemerintah RI terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia, terutama dalam mempersiapkan mereka menuju Visi Indonesia Emas 2045.

"Anggaran (pembangunan) untuk satu SMA, satu sekolah, untuk membangun mulai dari sekolahnya, asrama-nya, ruang makan, dan sebagainya itu lebih kurang anggarannya 15 juta dolar AS (sekitar Rp233,37 miliar),” kata Wamenhan RI saat jumpa pers selepas acara peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan SMA Taruna Nusantara Terintegrasi di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis.

Kemhan RI mencanangkan membangun SMA Taruna Nusantara Terintegrasi di enam lokasi, yaitu Cimahi (Jawa Barat), Malang (Jawa Timur), Tanah Datar (Sumatera Barat), Maros (Sulawesi Selatan), Ibu Kota Nusantara (IKN), dan di Nusa Tenggara Timur.

Sejauh ini, pembangunan SMA Taruna Nusantara Terintegrasi baru terlaksana di dua lokasi yaitu Cimahi — yang groundbreaking-nya berlangsung pada 8 November 2023 — dan di Malang pada Kamis. Pembangunan dua SMA Taruna Nusantara itu diharapkan rampung dalam waktu 8 bulan sehingga dapat operasional dan menerima siswa baru pada 2024.



SMA Taruna Nusantara saat ini terpusat di Magelang, Jawa Tengah. Tiap tahunnya, ada 8.000 calon siswa mengikuti seleksi sebagai peserta ajar di SMA Taruna Nusantara, tetapi hanya 360 siswa yang diterima.

"Padahal anak-anak itu bagus semua. Wah pokoknya sayang itu kalau tidak difasilitasi, sehingga Pak Menhan (Menteri Pertahanan, red.) wah ini bagus (mereka) harus kita fasilitasi," kata Wamenhan RI.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemhan gelontorkan Rp1,4 T bangun SMA Taruna Nusantara di 6 lokasi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024