Menpan RB-Mendikbudristek tuntaskan rekrutmen satu juta guru PPPK

id Kementerian PANRB,Abdullah Azwar Anas,Nadiem Makarim,Guru,PPPK

Menpan RB-Mendikbudristek tuntaskan rekrutmen satu juta guru PPPK

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (27/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Kementerian PANRB)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas bertemu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim untuk menuntaskan secara rinci/detail terkait rekrutmen 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan berakhir pada 2024.

"Hari ini saya bertemu dengan Mas Nadiem untuk mendetailkan (membahas secara rinci) terkait hal tersebut. Alhamdulillah, kami optimistis tahun 2024 ini, target 1 juta guru PPPK bisa beres, karena sekarang progresnya signifikan,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan target 1 juta guru PPPK adalah wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM. Menurutnya, pendidikan adalah salah satu kunci mewujudkan itu.

Anas mengatakan pemenuhan tenaga guru di antaranya melalui program rekrutmen 1 juta guru PPPK adalah atensi Presiden Joko Widodo. Rekrutmen 1 juta guru PPPK tersebut berasal dari tenaga guru non-ASN (honorer) dan THK-II yang selama ini telah mengabdi.

“Indonesia Emas 2045 dimana negara ini akan masuk menjadi empat besar ekonomi dunia membutuhkan SDM unggul, dan bapak/ibu guru berperan sangat signifikan," ujarnya.

"Sehingga pemerintah mengebut rekrutmen 1 juta guru PPPK ini sebagai salah satu pondasi peningkatan SDM, yang tentunya nanti juga ditopang oleh kualitas infrastruktur pendidikan dan asupan gizi anak-anak kita,” tambah Anas.

Ia pun berharap melalui pertemuan dengan Nadiem akan menghasilkan formula yang baik dalam menuntaskan rekrutmen 1 juta guru PPPK pada akhir 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri Anas-Nadiem tuntaskan rekrutmen 1 juta guru PPPK
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024