Pj Bupati Kulon Progo mendorong ASN tingkatkan budaya kerja

id Kulon Progo

Pj Bupati Kulon Progo mendorong ASN tingkatkan budaya kerja

Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti menyematkan penghargaan kepada PNS. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Penjabat Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Ni Made Dwipanti Indrayati mendorong Aparatur Sipil meningkatkan budaya kerja menuju pemerintahan berkelas dunia.

Ni Made di Kulon Progo, Rabu, mengatakan penguatan budaya kerja ASN sebagai salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia di Kabupaten Kulon Progo.

"Internalisasi Core Value Berakhlak bagi ASN menjadi dasar penguatan budaya kerja di instansi pemerintah untuk mendukung pencapaian kinerja individu dan tujuan organisasi. Oleh karena itu nilai-nilai dasar ini harus ada dalam setiap institusi dan diri seorang ASN," kata Ni Made.

Ia memberikan penghargaan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya kepada 105 PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Ia menyampaikan selamat kepada seluruh penerima tanda kehormatan dan berharap penghargaan ini sebagai motivasi untuk meningkatkan semangat dan etos kerja dalam meraih prestasi yang lebih baik lagi.

"Kami berharap penghargaan ini bisa dimaknai sebagai bentuk apresiasi dan pembinaan untuk memupuk kedisiplinan, kesadaran, serta tanggung jawab sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat dalam kehidupan sosial," kata Ni Made.

Lebih lanjut, Ni Made mengatakan penghargaan ini merupakan wujud penghargaan dari Presiden RI bagi PNS yang dalam melaksanakan tugasnya yang menunjukkan loyalitas, pengabdian, kecakapan, kejujuran, dan kedisiplinan, serta telah bekerja tanpa cacat-cela sebagai seorang pamong praja. Oleh karena itu setiap PNS dituntut harus memiliki etos kerja seorang SATRIA.

"Penghargaan ini harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kewajiban seorang PNS, untuk menjalankan kewajibannya," kata Ni Made.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kulon Progo Sudarmanto mengatakan total 105 tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya terdiri dari 29 orang penerima Satya Lencana Karya Satya 30 tahun, 51 penerima Satya Lancana Karya Satya 20 tahun dan penerima Satya Lancana Karya Satya 10 tahun sejumlah 25 orang.

"Selain penganugerahan Satya Lencana Karya Satya, pada kesempatan ini juga dilaksanakan Internalisasi Core Value Berakhlak dan penandatanganan pakta integritas bagi para kepala OPD, Kepala Puskesmas dan Koordinator Kelompok Kerja Kepala Sekolah di lingkungan Pemkab Kulon Progo sejumlah 81 orang," katanya.

Pemkab Kulon Progo juga meluncurkan aplikasi e-Karir dan New AnjabKu sebagai wujud inovasi digital untuk pengelolaan kepegawaian berbasis sistem merit dengan platform "Pelantikanku Bersih, Pengelolaan Layanan Terintegrasi, Karier Kulon Progo Berbasis Sistem Merit".*