Polres Bantul mengatur strategi urai kemacetan jelang Natal Tahun Baru

id Polres Bantul ,Pengamanan Natal Tahun Baru ,Urai kemacetan

Polres Bantul mengatur strategi urai kemacetan jelang Natal Tahun Baru

Markas Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengatur strategi untuk mengurai kemacetan kendaraan maupun antisipasi kecelakaan lalu lintas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di daerah ini.

"Kami sudah merumuskan untuk mengamankan jalur-jalur, khususnya yang tingkat kepadatan arus lalu lintasnya lebih tinggi," kata Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana dalam keterangan pers di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, hal-hal yang menjadi perhitungan dan perhatian kepolisian, yakni kawasan objek wisata yang menjadi titik keramaian di Bantul telah bertambah, sementara ruas jalan masih sama.

Dia menyebut beberapa ruas jalan rawan terjadi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas antara lain, Jalan Wates-Yogyakarta di Sedayu, Jalan Srandakan, Jalan Parangtritis dan Jalan Yogyakarta-Wonosari.

"Jalan Wates-Yogyakarta, Jalan Parangtritis dan Jalan Jogja-Wonosari tidak menutup kemungkinan terjadi kepadatan arus lalu lintas, dikarenakan menjadi jalur utama arah ke kota dan juga ke tempat wisata," katanya.

Upaya untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan di jalur tersebut, kata dia, Satuan Lalu Lintas Polres Bantul telah menyiapkan papan penunjuk arah bagi pengguna jalan yang akan melalui jalur-jalur alternatif.

Sementara itu, Jalan Srandakan yang menjadi alternatif jalur antar provinsi DIY-Jateng, dianggap rawan kecelakaan lalu lintas. Hal ini berdasarkan data tingginya kejadian kecelakaan lalu lintas di Bantul yang terjadi di jalur tersebut.

"Kondisi jalan yang halus dan lurus tentunya membuat pengendara kerap melaju dengan kecepatan tinggi. Namun perlu disadari bila jalur ini minim penerangan dan sering lalu lalang kendaraan pedesaan," katanya.

Ia mengimbau di bulan Desember khususnya saat momen libur Natal dan Tahun Baru bagi masyarakat yang merayakan liburan atau mudik agar lebih berhati-hati dalam berkendara.

"Kami mengingatkan kembali pentingnya keselamatan terutama saat berkendara. Bijak dalam kecepatan laju kendaraan dan juga konsentrasi dalam berkendara," katanya.

Dia mengatakan dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru pada giat Operasi Lilin Progo 2023, Polres Bantul menyiagakan sebanyak 382 personel untuk mengamankan lalu lintas di berbagai titik, serta pengamanan gereja dan obyek wisata.