Reforma agraria bantu pembangunan Bandara VVIP IKN

id bank tanah,reforma agraria,bandara vvip,ikn,nusantara

Reforma agraria bantu pembangunan Bandara VVIP IKN

Lahan lokasi pembangunan bandara penunjang IKN Nusantara di kawasan bekas HGU PT TKA, yang dikelola Badan Bank Tanah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan

Jakarta (ANTARA) - Badan Bank Tanah mengungkapkan percepatan program reforma agraria membantu pembangunan Bandara Very Very Important (VVIP) Ibu Kota Nusantara dan memberikan manfaat kepada masyarakat sekitarnya.

"Melalui reforma agraria ini masyarakat juga akan mendapatkan manfaat ekonomi yang besar dari dampak pembangunan yang ada di sekitar area reforma agraria, seperti pembangunan Bandara VVIP IKN, pembangunan kawasan industri, hingga pembangunan fasilitas umum," ujar Deputi Perencanaan Strategis dan Pengadaan Tanah Badan Bank Tanah Perdananto Aribowo di Jakarta, Minggu.

Dia menambahkan, tanah masyarakat bisa naik signifikan dalam 5-10 tahun ke depan. Apalagi jika Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah beroperasi.

Berdasarkan kajian internal Badan Bank Tanah, harga tanah yang ada di sekitar Bandara VVIP IKN berpotensi naik ratusan kali lipat dalam 10 tahun ke depan, dan dengan diberikannya kepastian hukum berupa sertipikat kepada masyarakat, secara otomatis akan berdampak langsung bagi peningkatan nilai tanah.

Mekanisme program reforma agraria yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2018 menegaskan bahwa pelaksanaan reforma agraria dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota yang diketuai oleh Bupati/Walikota.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bank Tanah: Reforma agraria membantu pembangunan Bandara VVIP IKN