Kulon Progo canangkan pembangunan zona integritas bebas korupsi

id Integritas bebas korupsi,Kulon Progo,Irda Kulon Progo

Kulon Progo canangkan pembangunan zona integritas bebas korupsi

39 OPD di lingkungan Pemkab Kulon Progo berkomitmen mewujudkan bebas korupsi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi di 39 organisasi perangkat daerah sebagai bentuk komitmen pencegahan korupsi.

Pelaksana Tugas Inspektur Kulon Progo Sudarmanto di Kulon Progo, Selasa, mengatakan pencanangan ini merupakan bagian dari pencegahan korupsi dari aspek hard control dan soft control sebagai komitmen untuk menciptakan wilayah bebas dari korupsi melalui reformasi birokrasi.

"Pimpinan dan jajarannya telah berkomitmen untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi atau wilayah birokrasi bersih dan melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan melakukan pelayanan prima," kata Sudarmanto.

Ia mengatakan pembangunan zona integritas diharapkan dapat mendorong penguatan ekosistem integritas sebagai bagian dari pencegahan korupsi di lingkungan Pemkab Kulon Progo.

"Kegiatan hari ini, selain Pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi pada 39 OPD, terdapat tiga OPD yang dicanangkan sebagai wilayah birokrasi bersih dan melayani," katanya.

Sudarmanto mengatakan tiga OPD wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM), yakni RSUD Wates, Dindukcapil, dan DPMPTSP Kabupaten Kulon Progo.

"Tiga OPD sebelumnya telah memperoleh predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK)," katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti mendorong seluruh OPD meningkatkan komitmen dan upaya mencegah korupsi di Pemkab Kulon Progo. Nilai-nilai antikorupsi melalui pembangunan zona integritas ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya antikorupsi pada seluruh jajaran.

"Marilah mempertegas kembali komitmen kita untuk melaksanakan program pemberantasan korupsi terintegrasi," katanya.