KPU DIY memastikan logistik tahap pertama terdistribusi 100 persen

id KPU DIY,logistik pemilu DIY,Pemilu 2024

KPU DIY memastikan logistik tahap pertama terdistribusi 100 persen

Arsip foto - Pekerja membongkar isi kotak suara Pemilu 2019 di Kantor KPU Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (2/12/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/ama

Yogyakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan seluruh logistik Pemilu 2024 tahap pertama telah terdistribusi 100 persen ke lima kabupaten/kota di provinsi ini.

"Semua sudah ada di gudang-gudang KPU kabupaten/kota. Tersimpan rapi sesuai dengan jumlah kebutuhan-nya," kata Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi dalam acara "Expose Logistik Pemilu 2024" di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Shidqi, beragam jenis logistik tahap pertama yang telah terdistribusi terdiri atas kotak suara, bilik suara, tinta, segel, dan segel plastik.

Jumlah logistik itu, kata dia, telah dipastikan sesuai dengan masing-masing kebutuhan kabupaten/kota.

"Karena begitu dikirim ada yang kurang langsung kita lapor ke pabrik sehingga diberi tambahan atau ada yang rusak langsung diganti yang bagus," ucap dia.

Menurut Shidqi, untuk pengadaan surat suara serta logistik tahap dua lainnya saat ini sedang dalam dalam pengerjaan.

Berbagai surat suara baik untuk pemilu presiden/wakil presiden, pemilu DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, kata dia, sedang proses produksi di percetakan.

"Dicetak oleh percetakan PT Gramedia dan Temprina, semua ini Jakarta tetapi produksinya ada di Jawa Tengah. Ini yang akan kami monitoring dalam waktu dekat," ujar dia.

Logistik tahap dua lainnya yakni sampul kertas, formulir A4, formulir plano, hingga alat bantu tunanetra juga masih dalam proses produksi.

Menurut Shidqi, saat ini masih berlangsung masa perakitan kotak suara sejak 30 November 2023 sampai 22 Januari 2024 dan bakal dilanjutkan dengan penyortiran dan pelipatan surat suara yang dimulai 15 Januari sampai 30 Januari 2024. "Jadi nanti surat suara yang datang ke gudang langsung kita sortir," kata dia.

Shidqi memastikan keamanan logistik di gudang penyimpanan hingga pendistribusian ke TPS nantinya berkoordinasi dengan kepolisian.

Kepala Bidang Operasi Polda DIY Kombes Pol Dedi Rahman Dayan memastikan pengamanan logistik pemilu dan surat suara mulai dari percetakan sampai pendistribusian ke gudang-gudang KPU kabupaten/kota.

Upaya tersebut sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Tetapi kita semua mempunyai tanggung jawab yang sama, jadi keamanan surat suara ini bukan hanya tanggung jawab daripada kepolisian saja tetapi pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggaraan tahapan-tahapan pemilu," ujar Dedi.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024