Ajak pemuda jadi agen pemilu damai lewat Program "Peace Project"

id Peace project,Pemilu,Pemilu damai,Global Peace Foundation,5P Foundation

Ajak pemuda jadi agen pemilu damai lewat Program "Peace Project"

Global Peace Foundation (GPF) mengadakan program Peace Project untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya perdamaian dan kerukunan beragama, dengan mengajak para peserta berkeliling untuk mengenalkan sejarah Gereja Katedral, Jakarta, pada Sabtu (13/1/2024). (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)

Jakarta (ANTARA) -
Organisasi Nirlaba Internasional Global Peace Foundation (GPF) mengadakan program Peace Project untuk mengajak pemuda menjadi agen pemilihan umum (pemilu) yang damai dan tetap melihat sisi terang politik demi menjaga persatuan bangsa.
 
"Salah satu ikhtiar kita dengan Peace Project, ketika misalnya ada capres-cawapres yang membawa isu agama dalam kampanye, harapannya teman-teman yang ikut Peace Project ini bisa lebih bijaksana, menjadi agen untuk menyampaikan ke orang lain, bahwa agama tidak seperti itu kok, jadi kita tidak bisa diadu domba," kata General Manager GPF Indonesia Shintya Rahmi Utami saat ditemui di Gereja Katedral Jakarta, Sabtu.
 
Shintya menyebutkan, cara selanjutnya untuk mengajak generasi muda agar tetap berdamai di tengah perbedaan pilihan yakni menggunakan media sosial.
 
"Di GPF Indonesia, tim kita sedang memperbaiki dan meningkatkan bagaimana kerja-kerja kita di media sosial. Jadi kita berupaya untuk memproduksi konten-konten dan narasi yang positif, sehingga anak-anak muda lebih melek lagi untuk pemilu dan tidak mudah diprovokasi atau diadu domba," ujar dia.
 
 
Selain itu, lanjut dia, GPF juga memiliki program kerja sama dengan universitas untuk mengingatkan kembali tentang semangat Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.
 
"Melalui kerja sama dengan universitas tersebut, harapannya agar dapat merasakan bahwa kita adalah satu Indonesia, dan bagaimana kita bisa bijak memilih, tidak mudah diprovokasi, dan bagaimana pemilu itu bisa berjalan dengan damai," ucapnya.
 
Sementara itu, perwakilan dari 5P Foundation Yuliandre Darwis mengatakan bahwa program Peace Project adalah wujud instrumen perdamaian agar seluruh masyarakat merasakan kebahagiaan dalam hidup yang damai.

5P Foundation mengadopsi gerakan global Peace, Prosperity, People, Planet, and Partnership.
 
"Kalau di 5P Foundation sendiri, kami kan didirikan dengan semangat bahwa Indonesia ini paling bisa menerima perbedaan, toleransi. Menariknya, dari sekian negara, gerakan 5P di Indonesia itu sangat disegani," katanya.
 
 

 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Program "Peace Project" ajak pemuda jadi agen pemilu damai
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024