Pemerintah tambah "rest area" hadapi mudik

id Menko PMK, Muhadjir Effendy, mudik Lebaran 2024, Tol Jakarta-Merak, Pelabuhan Situbondo

Pemerintah tambah "rest area" hadapi mudik

Ilustrasi - Suasana perlintasan di GT Tol Cikupa, Tangerang-Merak saat dipadati kendaraan pemudik. (ANTARA/Azmi Samsul Maarif).

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah memulai proyek penanggulangan kemacetan sebagai langkah persiapan musim mudik Lebaran 2024 di koridor Tol Jakarta-Merak hingga pelebaran jalan di sekitar Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai melaporkan progres proyek tersebut kepada Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

"Salah satunya itu adalah pembangunan rest area di KM97 Tol Jakarta-Merak yang nanti akan dijadikan buffer zone atau tempat penyangga untuk mengantisipasi adanya kepadatan arus lalu lintas," kata Muhadjir Effendy.

Ia mengatakan tempat peristirahatan pengendara di KM97 Tol Jakarta-Merak berfungsi mengurai kepadatan lalu lintas di sekitarnya akibat antrean kendaraan.

Rest Area KM97 berjarak sekitar 1 kilometer sebelum gerbang tol (GT) Merak. Jika terjadi kepadatan kendaraan, akan dimasukkan ke rest area tersebut.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah tambah rest area hingga perlebar jalan hadapi mudik 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024