Prabowo bantu tambah alat deteksi sumber air di daerah

id Menhan Prabowo,Prabowo Subianto,Satgas Air Unhan,sumber air Unhan,uji geolistrik air,Prabowo di Bangkalan

Prabowo bantu tambah alat deteksi sumber air di daerah

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meninjau instalasi pipa air yang menyalurkan air bersih dari sumbernya ke rumah-rumah warga di Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Bangkalan (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto berencana membantu menambah alat deteksi sumber air Universitas Pertahanan (Unhan) yang saat ini untuk memetakan sumber-sumber air di daerah yang cukup lama mengalami kekeringan.

Prabowo menilai sejauh ini kerja Satuan Tugas (Satgas) Air Unhan memetakan sumber-sumber air, menyalurkan sumur bor, dan membangun pipanisasi terbukti bermanfaat bagi masyarakat yang kesulitan mendampatkan air bersih.

"Sudah punya 10 atau 12 unit alat deteksi yang bekerja. Akan tetapi, kalau situasi begini, saya akan cari sumber daya kalau perlu tambah unit, ya, mungkin jadi 20 atau 24 supaya terus membantu," kata Prabowo saat meninjau sumber air bersih yang ditemukan Satgas Air Unhan di Pondok Pesantren Al Anwar, Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (23/1).

Ditegaskan bahwa  air merupakan kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi sehingga mereka yang kesulitan air bersih perlu segera dibantu.

"Tanpa air mungkin tidak ada kehidupan. Jadi, saya akan terus prioritas masalah air ini, dan Unhan riset terus, belajar terus di mana-mana. Saya juga perintahkan kirim tim ke mancanegara, ke negara-negara lain, untuk belajar teknologi bagaimana mencari air bersih bagi rakyat," kata Prabowo.

Menhan menjelaskan bahwa program pengabdian masyarakat yang dilakukan Satgas Air Unhan merupakan bagian dari tridarma perguruan tinggi, terutama untuk membantu kesulitan masyarakat.

"Tentunya ini bukan tugas pokok Unhan. Tugas pokok Unhan mendidik insinyur-insinyur baru dan anak-anak muda kita. Akan tetapi, ini bagian dari pengabdian masyarakat," kata Prabowo.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prabowo berencana bantu tambah alat deteksi sumber air Unhan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024