Kuliner Nusantara "disajikan" di KEN 2024 gaet pelancong

id Calendar of Event, KEN 2024, PELUNCURAN KEN, KARISMA EVENT NUSANTARA, KEMENPAREKRAF

Kuliner Nusantara "disajikan" di KEN 2024 gaet pelancong

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam Peluncuran KEN 2024 yang digelar di Jakarta, Sabtu (27/1/2024). ANTARA/Sinta Ambar

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, subsektor kuliner dihadirkan dalam rangkaian perhelatan (event) yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.

"Jadi dalam event ini harus memiliki zona kulinernya. Memperkenalkan kuliner-kuliner terbaik daerah kepada seluruh wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus)," ujar Sandiaga dalam peluncuran Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang digelar di Jakarta, Sabtu.

Bila menilik data, lanjutnya, kuliner menurutnya menjadi daya tarik utama wisata. Bahkan, sebesar 63 persen pergerakan wisata ditopang wisata kuliner.

"Jadi seperti kita tampilkan ada beberapa zona, dan zona kuliner ini tertinggi minatnya karena berdasarkan data 63 persen pergerakan wisata itu ditopang wisata kuliner," ujarnya.

Adapun pada peluncuran KEN 2024 yang digelar di TMII, Jakarta Timur hari ini, merupakan rangkaian festival yang diharapkan mampu menggeliatkan ekonomi melalui perhelatan daerah yang berkualitas.

KEN Festival yang terdiri dari lima zona interaktif yaitu Zona Budaya, Zona Seni, Zona Musik, Zona Karnaval, dan Zona Kuliner. Kelima zona yang merupakan hasil kolaborasi dengan daerah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berkesan kepada para pengunjung sekaligus mempromosikan event-event KEN yang akan datang.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf tegaskan subsektor kuliner hadir dalam rangkaian KEN 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024