Capaian tiga target Merdeka Belajar ke-24 diukur Kemendikbudristek

id Merdeka belajar,Kurikulum merdeka,Transisi paud,Kemendikbudristek

Capaian tiga target Merdeka Belajar ke-24 diukur Kemendikbudristek

Tangkapan layar Plt Direktur PAUD Kemendikbudristek Komalasari dalam Sosialisasi Penguatan Implementasi Transisi PAUD ke SD 2024 di Jakarta, Selasa (30/1/2024). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengukur capaian tiga target dalam implementasi Merdeka Belajar Episode Ke-24 mengenai transisi PAUD ke SD/MI/sederajat yang menyenangkan sepanjang 2023.

“Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang telah kita lakukan baik secara kuantitatif dan kualitatif maka kita dapat mengukur tiga target perubahan yang sudah ditetapkan pada 2023,” kata Plt Direktur PAUD Kemendikbudristek Komalasari dalam Sosialisasi Penguatan Implementasi Transisi PAUD ke SD 2024 di Jakarta, Selasa.   

Gerakan transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan diluncurkan pada tahun lalu dan kini telah diimplementasikan oleh lebih dari 504 kabupaten/kota di Indonesia.  

Gerakan tersebut memiliki tiga target yaitu menghilangkan tes calistung saat penerimaan siswa baru, menerapkan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), serta satuan PAUD dan SD menerapkan sistem pembelajaran yang menyenangkan untuk membangun kemampuan fondasi.

Komala mengatakan hampir seluruh satuan pendidikan di 96,76 persen yang menjadi sampel studi telah melakukan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tanpa mensyaratkan adanya tes membaca, menulis, dan berhitung (calistung).  

Namun, terdapat catatan tersendiri dari hasil temuan ini yaitu terkait alasan dilarangnya tes calistung yang masih harus diperkuat karena masih banyak yang belum memahami.  

Kemudian terkait dengan target perubahan yang kedua yaitu menerapkan MPLS bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama diketahui bahwa pada satuan PAUD sebagian besar yaitu 64,9 persen, telah melakukan MPLS.

“Demikian juga, sebanyak 46,3 persen satuan pendidikan PAUD dan SD masih kurang dalam menyusun kegiatan assessment siswa,” katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek ukur capaian target Merdeka Belajar ke-24
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024