Inflasi stabil dan PMI di Indonesia ekspansif, papar Airlangga

id airlangga hartarto,inflasi,pmi,asean,beras

Inflasi stabil dan PMI di Indonesia ekspansif, papar Airlangga

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan penjelasan terkait inflasi Indonesia yang stabil serta purchasing managers' index (PMI) yang masih ekspansif di Jakarta, Jumat (02/02/2024). ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai inflasi Indonesia tetap stabil dan indeks manajer pembelian  atau  purchasing managers' index (PMI) di sektor manufaktur masih ekspansif selama 29 bulan berturut-turut.

Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Januari 2024 tercatat sebesar 2,57 persen secara tahunan (yoy) atau menurun dibandingkan Desember 2023 sebesar 2,61 persen (yoy). Realisasi inflasi tersebut juga lebih rendah dibandingkan capaian inflasi Januari 2023 sebesar 5,28 persen (yoy).

“Kita bersyukur capaian inflasi di Januari tetap terkendali dalam kisaran sasaran yang menunjukkan daya beli kita masih baik. Di tengah ketidakpastian yang masih tinggi, salah satunya gangguan cuaca dari el nino yang masih berlangsung,” kata Menko Airlangga di Jakarta, Jumat.

Menko Airlangga mengklaim realisasi inflasi Indonesia pada Januari 2024 terkendali pada rentang target sasaran 2,5 persen plus minus 1.

Secara bulanan, inflasi Januari 2024 dipengaruhi oleh pergerakan komponen harga bergejolak dan inti. Komponen harga pangan bergejolak (volatile food/VF) mengalami peningkatan tercatat sebesar 0,01 persen (mtm) atau 7,22 persen (yoy).

Ia menjelaskan curah hujan yang tinggi terutama di daerah sentra hortikultura berakibat pada gagal panen dan mendorong kenaikan harga tomat dan bawang merah. Selain itu, harga beras masih mengalami kenaikan seiring pasokan yang terbatas karena belum masuknya musim panen. Namun demikian, inflasi VF tertahan oleh harga aneka cabai yang mulai menurun.

Komponen inti mengalami inflasi sebesar 0,20 persen (mtm) atau 1,68 persen (yoy). Secara tahunan inflasi inti masih terjaga meskipun dalam tren melandai. Sementara, komponen harga diatur pemerintah (administered prices/AP) mengalami deflasi sebesar 0,48 persen (mtm) atau inflasi 1,74 persen (yoy).

Deflasi AP utamanya disumbang oleh penurunan tarif angkutan udara dan bensin seiring berakhirnya masa hari besar keagamaan nasional (HBKN) seperti Natal dan Tahun Baru, serta libur sekolah yang mendorong turunnya permintaan terhadap jasa transportasi udara dan penyesuaian harga BBM nonsubsidi per 1 Januari 2024.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menko Perekonomian nilai inflasi stabil dan PMI masih ekspansif