Pengaruhi penilaian SNBP, rekam jejak sekolah dan prestasi alumni

id SNBP,SNPMB 2024,Rekam jejak sekolah,Prestasi alumni

Pengaruhi penilaian SNBP, rekam jejak sekolah dan prestasi alumni

Tangkapan layar-Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, Prof. Ganefri dalam sosialisasi SNBP yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (12/2/2024) (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 Prof. Ganefri menyatakan bahwa rekam jejak sekolah hingga prestasi alumni (mahasiswa) di Perguruan Tinggi Negeri memengaruhi penilaian Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

"Rekam jejak dan kinerja sekolah juga memengaruhi, kemudian nilai dan prestasi alumni atau mahasiswa yang sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada saat ini, itu dilihat tingkat keberhasilannya, kemudian lintas jurusan juga dijadikan pertimbangan," kata Ganefri dalam sosialisasi SNBP yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Pendaftaran SNBP dibuka pada 14 Februari 2024 dengan kuota minimum 20 persen dan akan berlangsung selama satu minggu.

Ganefri menjelaskan seleksi jalur SNBP dilaksanakan berdasarkan prinsip untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas, baik secara akademik maupun prestasi lainnya.

"Seleksi jalur SNBP dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip yang pertama, yakni kita ingin mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya. Jadi kalau ada prestasi lain, bisa didaftarkan di samping nilai rapor," ujar dia.



Ia menegaskan penilaian SNBP tahun 2024 sudah menggunakan kriteria seleksi nasional berdasarkan data yang jelas dengan prinsip keadilan, sehingga dapat dipertanggungjawabkan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rekam jejak sekolah hingga prestasi alumni pengaruhi penilaian SNBP
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024