Sri Sultan HB X mencoblos di TPS 12 Penambahan Yogyakarta

id Sultan HB X,TPS yogyakarta,Gubernur DIY,pemilu 2024,pilpres 2024

Sri Sultan HB X mencoblos di TPS 12 Penambahan Yogyakarta

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama istri GKR Hemas memasukkan surat suara di kotak suara di TPS 12, Ndalem Cokronegaran, Kecamatan Panembahan, Keraton Yogyakarta, Rabu (14/2/2024) (ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mencoblos atau menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12, Ndalem Cokronegaran, Kecamatan Panembahan, Keraton Yogyakarta, Rabu.

Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga Raja Keraton Yogyakarta didampingi permaisuri GKR Hemas serta para putrinya, yaitu GKR Hayu, GKR Condro Kirono, dan GKR Bendoro, dan para menantu serta cucu tiba di TPS sekitar pukul 07.15 WIB.

Sultan yang mengenakan kemeja berwarna putih mendapatkan nomor urut 1, kemudian disusul GKR Hemas dan kerabat lainnya melakukan pencoblosan pada empat bilik yang disiapkan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Jumlah pemilih yang tercatat pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS 12 yang berada di dekat lingkungan Keraton Yogyakarta itu sebanyak 283 orang.



Ditemui usai menyalurkan hak suaranya, Sultan berharap warganya berbondong-bondong menggunakan hak suara demi menentukan pemerintahan yang stabil untuk lima tahun ke depan.

"Jangan golput, datang ke TPS dengan harapan kita bisa menentukan pilihan untuk pemerintahan yang stabil paling sedikit dalam waktu lima tahun. Selamat bagi masyarakat yang melaksanakan kewajibannya," katanya.

Sultan juga berharap setelah proses Pemilu 2024 selesai, segala perbedaan maupun gesekan yang muncul di tengah masyarakat segera berakhir.

"Permasalahan-permasalahan perbedaan yang mereka lakukan entah dalam program maupun gesekan yang ada saya kira selesai. Kita juga harus ada kemauan untuk menghargai pilihan masyarakat, anak bangsa ini menentukan pilihan pemimpin untuk lima tahun yang akan datang," tutur Ngarsa Dalem.



Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum DIY, tercatat DPT Pemilu 2024 sebanyak 2.870.974 orang, terdiri atas 1.473.875 orang perempuan dan 1.397.099 orang laki-laki.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU DIY Sri Surani mengatakan tingkat partisipasi masyarakat DIY pada Pemilu 2024 ditargetkan mencapai 85 persen.

"Semoga target yang diharapkan dapat tercapai, seluruh pelaksanaan berjalan dengan lancar, dan kami serta teman-teman yang bertugas mampu melaksanakan tugas itu dengan baik," ujar Rani.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sultan HB X mencoblos di TPS 12 Penambahan Yogyakarta