Indonesia targetkan Rp12 triliun dari lelang SBSN

id lelang SBSN,lelang,SBSN,sukuk negara,DJPPR,Kemenkeu

Indonesia targetkan Rp12 triliun dari lelang SBSN

Foto Arsip - Penghargaan Stakeholder Pasar Sukuk Negara Menkeu Sri Mulyani Indrawati (kanan) memberikan penghargaan kepada Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo (kiri) sebagai pemangku kepentingan (stakeholder) pasar Sukuk Negara kategori peserta lelang Sukuk Negara terbaik tahun 2016 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (23/12/2016). Pemerintah mengungkapkan Indonesia saat ini tercatat sebagai penerbit surat berharga syariah negara (sukuk negara) terbesar di dunia, tercatat sampai November 2016 penerbitan sukuk negara di pasar internasional mencapai 10,12 miliar dolar AS dengan nilai "outstanding" 9,5 miliar dolar AS. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menetapkan target indikatif sebesar Rp12 triliun dari lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk negara pada lelang yang akan dilakukan Selasa, 20 Februari 2024.

Hasil lelang tersebut akan digunakan untuk memenuhi sebagian dari target pembiayaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2024.

Dalam keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Senin, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan seri SBSN yang akan dilelang adalah seri SPN-S (Surat Perbendaharaan Negara-Syariah) dan PBS (Project Based Sukuk).

Secara rinci, seri SPN-S yang akan dilelang adalah SPNS 05082024 (pembukaan kembali) dan SPNS 18112024 (penerbitan baru), dengan imbalan diskonto dan tanggal jatuh tempo masing-masing 5 Agustus dan 18 November 2024.

Adapun alokasi pembelian non-kompetitifnya yaitu 75 persen dari jumlah yang dimenangkan.

Sementara seri PBS yang akan dilelang, di antaranya PBS032 (pembukaan kembali), PBS030 (pembukaan kembali), PBSG001 (pembukaan kembali), PBS004 (pembukaan kembali), dan PBS038 (pembukaan kembali), dengan tingkat imbalan berkisar dari 4,87 persen hingga 6,87 persen.

Alokasi pembelian non-kompetitif untuk seri PBS adalah 30 persen dari jumlah yang dimenangkan.

Pada lelang besok, pemerintah kembali menawarkan seri PBSG001 yang merupakan seri green sukuk yang ditawarkan melalui lelang di pasar perdana domestik.

Penerbitan seri green sukuk melalui lelang besok melengkapi program penerbitan green sukuk yang sudah dilakukan sebanyak enam kali di pasar global sejak tahun 2018 dan 6 kali di pasar domestik melalui green sukuk ritel sejak tahun 2019.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah menargetkan Rp12 triliun dari lelang SBSN besok

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024