205 peserta berhasil lolos G-Olympiad Nasional Genza Education

id genza education,G-Olympiad Nasional

205 peserta berhasil lolos G-Olympiad Nasional Genza Education

Grand Final G-Olympiad Genza Education. (ANTARA/HO-Genza Education)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 205 peserta dari belasan ribu peserta kompetisi G-Olympiad Nasional yang diselenggarakan oleh Genza Education berhasil lolos ke Grand Final yang akan diadakan di UC UGM Yogyakarta pada tanggal 3 Maret 2024.

Belasan ribu peserta dari seluruh penjuru Indonesia sejak Oktober 2023 hingga Maret 2024, antusias mengikuti rangkaian kompetisi G-Olympiad Nasional yang diselenggarakan oleh Genza Education, sebagai bimbingan belajar terdepan di Indonesia. 

Kompetisi ini menjadi ajang pembuktian bagi para pelajar untuk menguji kemampuan mereka dalam mata pelajaran IPA dan MTK untuk jenjang SD; IPA, IPS, dan MTK untuk jenjang SMP; serta Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Kimia, dan MTK untuk jenjang SMA.

GM Operation Genza Education Hari Nuryanto dalam rilisnya yang diterima di Yogyakarta, Kamis, mengatakan ratusan peserta yang berhasil melangkah ke Grand Final berasal dari berbagai tingkat pendidikan, dengan rincian sebagai berikut:

1. SD (68 Peserta): 36 peserta dalam kategori IPA dan 32 peserta dalam kategori MTK.
2. SMP (72 Peserta): 22 peserta dalam kategori IPA, 20 peserta dalam kategori IPS, dan 30 peserta dalam kategori MTK.
3. SMA (68 Peserta): 11 peserta dalam kategori Biologi, 11 peserta dalam kategori Ekonomi, 8 peserta dalam kategori Fisika, 14 peserta dalam kategori Geografi, 11 peserta dalam kategori Kimia, dan 10 peserta dalam kategori MTK.

Pada tahap penentuan pemenang, penilaian finalis dilakukan dengan cara yang berbeda dengan Olimpiade yang pernah ada, seluruh peserta Grand Final G-Olympiad diwajibkan membuat video presentasi. Peserta harus bisa menjelaskan materi yang telah ditentukan, sesuai dengan bidang studi yang mereka ikuti. Tujuan dari video presentasi ini adalah untuk menilai kemampuan peserta dalam mendeskripsikan materi secara verbal, menyoroti aspek kreativitas dan kemampuan komunikasi mereka.

Semua Video presentasi peserta Grand Final akan diunggah di platform YouTube Genza TV (@GenzaEducationIndonesia). Hal ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menilai finalis G-Olympiad dari berbagai aspek, mulai dari pemahaman materi, kreativitas, hingga kemampuan verbal.

Menyikapi keberhasilan penyelenggaraan G-Olympiad Nasional dan persiapan Grand Final, CEO Genza Education, Adam Primaskara, mengatakan, "Kami sangat terkesan dengan antusiasme dan kualitas peserta G-Olympiad. Harapan kami, seluruh peserta tidak hanya memiliki pemahaman konsep yang kuat, tetapi juga mampu menyampaikan ide-ide mereka secara efektif dalam bentuk video presentasi."

Sementara itu, Setyadi Widyawawan, selaku konseptor akademik Genza Education, mengungkapkan harapannya, "G-Olympiad bukan hanya tentang pengetahuan teoritis, tetapi juga tentang kemampuan praktis dan kreativitas. Melalui video presentasi, kami berharap dapat melihat potensi yang mungkin belum terlihat dari peserta dan memberikan mereka pengalaman belajar yang unik dan bermakna."

G-Olympiad Nasional tidak hanya menjadi ajang kompetisi akademis tingkat nasional yang bergengsi, tetapi juga mencerminkan komitmen Genza Education untuk mendukung pengembangan potensi siswa Indonesia. Sampai jumpa di panggung Grand Final sebagai bukti keberhasilan bagi semua peserta yang telah berjuang keras dalam meraih prestasi di G-Olympiad ini.