Yogyakarta gencarkan patroli gabungan selama Ramadhan

id Yogyakarta,patroli Ramadhan,Pemkot Yogyakarta

Yogyakarta gencarkan patroli gabungan selama Ramadhan

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo (ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta menggencarkan patroli gabungan bersama TNI dan Polri untuk mengantisipasi munculnya kriminalitas jalanan di kalangan para remaja selama Ramadhan.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo di Yogyakarta, Kamis, mengatakan patroli tersebut untuk menghadirkan rasa aman bagi masyarakat, khususnya yang tengah menjalankan ibadah puasa.

"Tadi pagi saya telah berbincang dengan Polresta Yogyakarta dan Kodim 0734 berkaitan kegiatan saat Ramadhan yang dilakukan anak-anak kita setelah shalat tarawih dan subuh," kata dia.

Salah satu aksi kriminalitas yang perlu diantisipasi saat Ramadhan di wilayah Kota Yogyakarta antara lain "perang sarung" yang dilakukan para remaja.

"Ada beberapa kemarin yang muncul dilakukan oleh anak-anak yang notabene masih remaja dan semoga ini tidak diulang, ada perang sarung di beberapa titik namun sudah bisa dicegah oleh kepolisian," kata dia.

Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat mengatakan personelnya telah diterjunkan untuk mendukung keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya di waktu-waktu rentah kejahatan jalanan seperti sesudah shalat tarawih dan shalat subuh.

Selain itu, Satpol PP Kota Ygyakarta juga melakukan patroli penegakan Perwal Nomor 49 Tahun 2022 tentang jam malam anak.

"Kami telah membentuk tim untuk melakukan patroli secara rutin dalam rangka cipta kondisi dan penegakan perwal nomor 49 tentang jam malam anak. Kegiatan ini bisa kami lakukan mandiri atau bersama polresta," kata dia.