Pengembangan desa wisata di Indonesia harus lestarikan lingkungan

id Lestari Moerdijat, wakil ketua mpr, pengembangan desa wisata, desa wisata, lingkungan

Pengembangan desa wisata di Indonesia harus lestarikan lingkungan

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. ANTARA/HO-Istimewa

Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan pengembangan desa wisata yang dijalankan pemerintah harus turut melestarikan lingkungan hidup serta menjaga kearifan lokal yang ada.
 
Menurut dia pengembangan desa wisata juga harus memiliki dampak positif terhadap ekonomi masyarakat setempat.
 
"Pengembangan desa wisata untuk peningkatan ekonomi desa sekaligus pelestarian kearifan lokal dan lingkungan hidup di desa harus mendapat dukungan semua pihak," kata Lestari dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu.
 
Menurut Lestari, upaya yang mendorong pemanfaatan sejumlah potensi di pedesaan merupakan langkah strategis yang menjadi bagian dari proses pembangunan nasional.
 
Karena, dia menilai, pertumbuhan ekonomi di pedesaan mampu membantu untuk mengakselerasi pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan ekonomi nasional.
 
Berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), menurut dia, jumlah desa di Indonesia yang berstatus maju tercatat 23.030 desa pada tahun 2023.
 
 
Anggota Komisi X DPR RI itu juga mengatakan pengembangan desa wisata itu juga menjadi faktor yang membuat desa-desa di tanah air semakin maju.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wakil Ketua MPR: Pengembangan desa wisata harus lestarikan lingkungan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024