Pengusaha harus mengingatkan wisatawan waspadai cuaca ekstrem

id Dispar Bali,pelaku industri pariwisata,cuaca ekstrem

Pengusaha harus mengingatkan wisatawan waspadai cuaca ekstrem

Kepala Dispar Bali Tjok Bagus Pemayun saat diwawancara di Denpasar. ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

Denpasar (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bali Tjok Bagus Pemayun meminta pelaku industri pariwisata mengingatkan wisatawannya mewaspadai cuaca ekstrem yang sedang berlangsung.

“Perlu stakeholder pariwisata mengingatkan wisatawan untuk tetap berhati-hati tidak hanya di musim begini, kalau bepergian kan harus diingatkan ada standar operasionalnya, misalnya di DTW Uluwatu kondisinya seperti apa,” kata dia di Denpasar, Senin.

Menurutnya ini penting di tengah cuaca ekstrem berupa curah hujan tinggi dan angin kencang yang melanda beberapa wilayah di Bali, bahkan pada Rabu (13/3) lalu dua orang WNA meninggal dunia tertimbun longsor di Tabanan, serta beredar video ombak tinggi di Perairan Bali.

“Kalau wisatawan biasanya disiplin kalau diberitahu begitu (cuaca buruk), dimana pun juga kita kalau ke luar negeri misalnya pasti diberitahu juga, misalnya musim hujan bawa payung standar itu lah,” ujarnya.

Sebelum mengingatkan wisatawan, Dispar Bali meminta pelaku industri pariwisata terutama agen perjalanan berkoordinasi dengan daerah tujuan untuk memastikan kondisi di obyek sekitarnya.

Selain itu memastikan informasi dari BMKG mengenai cuaca pada rute yang hendak dilalui menuju daerah yang ingin dituju wisatawan.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pelaku wisata diminta ingatkan wisatawan waspadai cuaca ekstrem
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024