OIKN-tokoh adat Kaltim menyusun rencana induk kebudayaan

id kebudayaan,nusantara ,kota,oikn

OIKN-tokoh adat Kaltim menyusun rencana induk kebudayaan

Titik nol ibu kota negara baru Indonesia bernama Nusantara berada di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan)

Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melakukan diskusi dengan tokoh adat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai langkah penyusunan rencana induk pemajuan kebudayaan Ibu Kota Nusantara.
 
"Diskusi menyangkut penyusunan rencana induk pemajuan kebudayaan itu kami dilakukan bersama dengan tokoh adat, pelaku budaya, dan pakar kebudayaan di Kaltim," kata Direktur Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif OIKN Muhsin Palinrungi di Penajam, Kamis.
 
Ia mengatakan Kabupaten Penanam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara diharapkan dapat memberikan pokok pikiran mengenai kemajuan budaya di Ibu Kota Nusantara, sehingga ke depan dapat berkembang.
 
 
Kebudayaan lokal, menurut dia, dapat mengambil bagian dan tampil pada peringatan Hari Kemerdekaan RI pada tahun 2024, yang merupakan cikal bakal mengenalkan kearifan lokal di Ibu Kota Nusantara.

"Kebudayaan lokal bisa dikombinasikan dengan budaya nasional, sehingga dapat wujudkan Ibu Kota Nusantara sebagai kota dunia yang layak huni," katanya.
 
Penyusunan rencana induk pemajuan kebudayaan bisa dijadikan sebagai pedoman OIKN untuk penyusunan program guna mengembangkan kebudayaan, serta sebagai strategi yang disusun dalam kebijakan kebudayaan di Ibu Kota Nusantara.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: OIKN diskusi dengan tokoh adat Kaltim susun rencana induk kebudayaan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024