Empat skincare dibutuhkan penderita rosacea

id rosacea,bintik kemerahan di wajah,skincare bagi penderita rosacea,manfaat pelembab bagi kulit

Empat skincare dibutuhkan penderita rosacea

Ilustrasi - Cuci Muka (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis dermatologi venereologi dan estetika konsultan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo mengatakan ada empat jenis produk perawatan kulit (skincare) yang dibutuhkan penderita rosacea guna mengurangi keluhan gatal-gatal.

“Penting untuk memilih jenis skincare, utamanya yang mencegah kekambuhan begitu sering dan tidak memperparah gejala. Kalau ada penyakit tersebut, secara garis besar ada empat jenis yaitu pembersih muka (cleanser), pelembab, tabir surya (sunscreen) dan make up,” kata Dr. dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, Sp.D.V.E., Subsp. D.K.E., MHA dalam diskusi daring di Jakarta, Senin.

Dokter lulusan Universitas Indonesia itu menuturkan rosacea merupakan sebuah penyakit radang kronis yang memunculkan benjolan-benjolan berukuran kecil yang diikuti kemerahan dan bernanah yang biasa muncul pada lokasi T yakni dahi, hidung, dagu dan pipi.



Penyakit itu dapat dikatakan kompleks karena belum diketahui secara pasti faktor pencetus utamanya. Maka dari itu, penderitanya seringkali mengalami rasa nyeri atau terbakar hingga adanya keluhan pada mata tergantung dari tingkat keparahan rosaceanya.

“Penyebabnya belum diketahui dengan jelas. Namun, kita sudah mengetahui bahwa ada faktor genetik di sana, ada juga pencetus lain seperti diseksi pembuluh darah dan sistem imun,” ucapnya.

Rasa gatal tersebut, katanya, kemungkinan besar memicu para penderita terus menggaruk benjolan-benjolan yang ada pada muka sehingga berbahaya bagi kesehatan kulit.

Dengan demikian, Nadia menyarankan agar penderita rosacea menghindarinya dengan cara melakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan tata laksana medis yang tepat baik dengan obat oles atau obat minum, serta melakukan perawatan kulit secara mandiri.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter kulit sebut empat skincare yang dibutuhkan penderita rosacea
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024