STIK Lemdiklat Polri cetak calon pemimpin mumpuni

id stik lemdiklat polri, sekolah perwira polri, sarjana kepolisian, pemimpin mumpuni, brigjen nurul azizah

STIK Lemdiklat Polri cetak calon pemimpin mumpuni

Dirprogsarana STIK Lemdiklat Polri Brigjen Pol. Nurul Azizah memimpin upacara pembukaan pendidikan mahasiswa S-1 STIK Lendiklat Polri angkatan ke-82 di STIK Polri, Jakarta, Selasa (23/4/2024). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

Jakarta (ANTARA) - Direktur Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Dirprogsarjana STIK Lemdiklat) Polri Brigjen Pol. Nurul Azizah menyatakan pihaknya komitmen untuk mencetak calon pemimpin Polri yang mumpuni.

Pada hari Selasa, kata Nurul, STIK Lemdiklat Polri memulai pendidikan S-1 angkatan ke-82 yang mahasiswanya sebanyak 307 orang yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan ilmu kepolisian selama 14 bulan.

"Peserta pendidikan ini merupakan para perwira Polri dari sejumlah peserta seleksi," kata Nurul.

Sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Dirprogsarjana STIK Lemdiklat Polri, Nurul didapuk sebagai inspektur upacara pembukaan pendidikan mahasiswa S-1 STIK Lendiklat Polri angkatan ke-82 yang digelar pagi tadi.

Mantan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri itu menjelaskan bahwa peserta didik yang berasal dari peserta seleksi ini menunjukkan bahwa mahasiswa merupakan perwira yang memiliki kapasitas sebagai modal utama dalam rangka mengikuti pendidikan, mengembangkan kemampuan akademis untuk melengkapi pendidikan vokasi yang telah diperoleh di Akademi Kepolisian.

"Nantinya mereka akan memperoleh gelar sarjana ilmu kepolisian. Hal ini memiliki peran strategis bagi mahasiswa, menjadi salah satu syarat pendidikan yang digunakan dalam pembinaan karier," ujarnya.

Nurul mengatakan bahwa masa kini tuntutan tugas personel Polri makin kompleks seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan perubahan sosial masyarakat. Hal ini menjadi momentum bagi perwira Polri menimba ilmu sebanyak-banyaknya sehingga mampu berkontribusi secara aktif dalam pembangunan organisasi Korps Bhayangkara.

STIK Lemdiklat Polri, yang kini dipimpin Irjen Pol. Nico Afinta, kata Nurul, memiliki peran strategis dalam institusi Polri, yakni sebagai wadah pemikir (think tank) organisasi.

Berbagai permasalahan dan tantangan tugas yang dihadapi pada satuan kerja dan satuan wilayah Polri akan dilakukan pengkajian sehingga dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan bagi pimpinan Polri.
 

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: STIK Lemdiklat Polri komitmen cetak calon pemimpin yang mumpuni
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024