Satu anggota OPM menyerahkan diri

id anggota OPM,OPM kembali NKRI,Satgas Pamtas Papua,OPM di Maybrat,Yonif 133/YS,Kogabwilhan III,Kapen Kogabwilhan III

Satu anggota OPM menyerahkan diri

Setam Same (dua kanan), eks anggota OPM, menyerahkan diri ke aparat keamanan di Kampung Kisor, Maybrat, Papua Barat Daya, Rabu (24/4/2024), dan berikrar kembali setia kepada NKRI. ANTARA/HO-Penerangan Kogabwilhan III.

Jakarta (ANTARA) - Satu anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) Kelompok Goliath Tabuni di Kampung Kisor, Maybrat, Papua Barat Daya, menyerahkan diri ke aparat keamanan setempat dan berikrar kembali setia kepada NKRI.

Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa saat dihubungi di Jakarta, Kamis, menjelaskan anggota OPM atas nama Setam Same menyerahkan diri ke pos TNI di Kampung Kisor, Rabu (24/4).

“Saat ini, (Setam) masih berada di Pos Kisor untuk diminta keterangan, selanjutnya diserahkan ke Kepolisian untuk proses lebih lanjut,” kata Kapen Kogabwilhan III.

Dia menjelaskan Setam diserahkan ke Kepolisian karena dia masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) untuk kasus penyerangan Pos Komando Rayon Militer (Koramil) di Kampung Kisor pada 2021.

Dalam insiden itu, 50 anggota OPM Kelompok Goliath Tabuni menyerang pos TNI di Kisor, yang mengakibatkan empat prajurit TNI Angkatan Darat gugur.

Keberadaan Setam dan satu anggota OPM atas nama Simon Fatemte sempat terdeteksi oleh dua tim mobile Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri (Yonif) 133/Yudha Sakti (YS) terutama setelah Satgas menerima laporan dari masyarakat. Dua tim itu kemudian melacak dan mengintai keberadaan anggota OPM tersebut dalam beberapa waktu di Kampung Roma dan Kampung Tolak.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Satu anggota OPM di Maybrat serahkan diri kembali ke NKRI
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024