Cegah stroke, rutin kontrol gula dan tekanan darah

id stroke,kolesterol,gula darah,tekanan darah,hipertensi,diabetes

Cegah stroke, rutin kontrol gula dan tekanan darah

Ilustrasi pasien stroke. (ANTARA/Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Neurologi dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) dr Mahar Mardjono, Jakarta dr Beny Rilianto mengimbau masyarakat untuk mengontrol gula darah, tekanan darah, dan kolesterol guna mencegah serangan stroke yang bisa datang kapanpun.    

"Gula darah, tekanan darah, dan kolesterol harus kita kontrol, karena bisa menjadi faktor risiko dari serangan stroke," katanya dalam gelar wicara tentang stroke yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.  

Beny menekankan ketiga permasalahan tersebut harus diperhatikan dengan baik, karena stroke merupakan penyakit yang bisa dipicu oleh ketiga permasalahan kesehatan tersebut.   

Ia menjelaskan stroke bisa terjadi akibat tekanan darah tinggi yang dapat memicu pecahnya pembuluh darah. Adapun tingginya kadar gula darah dan kolesterol pada darah dapat menciptakan sumbatan pada otak, yang juga mengakibatkan penyakit stroke.  

Beny melanjutkan baik stroke sumbatan (iskemik) maupun stroke pecah pembuluh darah (hemoragik) memiliki panduan tata laksananya masing-masing.  



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter: Kontrol gula dan tekanan darah guna mencegah serangan stroke
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024