Pemerintah siapkan Duta Petani Muda percepat regenerasi petani RI

id Kementan,Kementerian Pertanian,Petani,Petani Muda,Regenerasi Petani,Amran,Mentan,Amran Sulaiman

Pemerintah siapkan Duta Petani Muda percepat regenerasi petani RI

Dokumentasi pembukaan kamp pelatihan Duta Petani Muda Kementerian Pertanian. ANTARA/HO-Kementan

Jakarta (ANTARA) - Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar kamp pelatihan (bootcamp) untuk menyaring 50 Duta Petani Muda yang akan menjadi agen promosi pertanian sekaligus duta politeknik vokasi di bawah Kementerian Pertanian.

"Bootcamp Young Ambassador Agriculture merupakan kegiatan pemilihan dan pelatihan petani atau pengusaha muda sektor pertanian dari seluruh Indonesia, untuk dapat menjadi duta Program YESS (Youth Entrepreneur and Employment Support Services). Tujuannya mempromosikan dan mengajak kaum muda di wilayah Program YESS untuk terlibat secara aktif di sektor pertanian," kata Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Bootcamp dilangsungkan selama satu pekan dan dimulai dengan pembukaan pada Selasa (30/4), di Bogor diikuti 116 peserta dari penjuru tanah air Indonesia.

Dedi menjelaskan, YESS adalah program kerja sama antara Kementerian Pertanian dengan International Fund For Agricultural Development (IFAD).

Tujuan program tersebut adalah memberikan dukungan kepada generasi muda agar mau berkarier di bidang pertanian yang pada akhirnya akan mengakselerasi regenerasi petani di Indonesia.

“Partisipasi aktif sasaran program yaitu petani muda terus didorong dalam rangka mencapai target tersebut,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian dan Direktur Program YESS, Idha Widi Arsanti menyampaikan bahwa peran Duta Petani Muda sangat penting dan diharapkan akan menjadi contoh nyata bagi pemuda lainnya dalam hal kemandirian bertani atau berwirausaha di sektor pertanian.

“Kegiatan pemilihan dilakukan sebagai upaya menggaungkan peran generasi muda, dalam pembangunan pertanian. Sekaligus upaya mempromosikan modernisasi dan peran generasi muda di sektor pertanian,” kata Idha.

Dia mengatakan, Duta Petani Muda juga akan menjadi Duta Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan)/Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) yang selanjutnya akan menjadi agen promosi dan representasi dari politeknik vokasi Kementerian Pertanian serta memaksimalkan bakat mahasiswa.

“Kegiatan ini akan memberikan kesempatan bagi petani muda yang memiliki visi dan komitmen untuk memajukan pertanian, mempresentasikan ide-ide seperti inovasi, keberlanjutan, dampak sosial, dan keberlanjutan lingkungan,” katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kementan siapkan Duta Petani Muda percepat regenerasi pertani
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024